ArenaLTE.com – Huawei Honor 5C resmi rilis di Tiongkok. Seri terbaru dari Huawei yang menyasar segmen menengah bawah ini siap menghadang langkah para rival di segmen menengah bawah. Smartphone ini mengandalkan chipset besutan sang vendor sendiri dengan berbagai suntikan fitur yng sesuai untuk segmen yang menjadi target marketnya.

Internet saat ini menjadi salah satu parameter  penting dalam sebuah smartphone. Tanpa fasilitas yang satu ini, dijamin ponsel cerdas kita menjadi ‘bodoh’. Nah, Huawei Honor 5C sudah menyiapkan multi band 2G/3G dan Cat. 6 LTE (khusus versi 4G) yang kecepatan downloadnya bisa mencapai 300Mbps serta upload 50Mbps.

huawei honor 5c aDi sektor layar, kalian akan menemukan panel touchscreen berteknologi IPD LCD pada diagonal 5,2 inci dengan resolusi FullHD 1080p. Layar tersebut dibungkus bodi yang memiliki dimensi 147.1 x 73.8 x 8.3 mm. Alhasil dengan kombinasi tersebut, Huawei Honor 5C memiliki bobot sekitar 156 gram..

Vendor menyimpan chipset Kirin 650 yang diproduksi secara in-house. Dapur pacu Huawei Honor 5C ini disuntik dengan CPU octa core ( (4xCortex-A53@2.0GHz + 4xCortex-A53@1.7GHz ). Untuk mendongkrak akselerasinya, Huawei menyandingkannya dengan RAM 2GB. Selain itu, memori internal yang disisipkan dalam Honor 5C menyuguhkan ruang 16GB dan bisa diperbesar via slot microSD hingga kapasitas 128GB.

huawei honor 5cSektor imaging menjadi area yang mendapat perhatian cukup besar dari sang vendor. Huawei menyematkan kamera utama 13MP dengan lensa f/2.0 dan dibantu dengan LED flash untuk memotret dalam kondisi minim cahaya. Untuk selfie, terdapat kamera 8MP dengan aperture f/2.0. Oh ya, hadir juga sensor sidik jari di bagian belakang bodi menemani kamera utama.

Huawei Honor 5C sudah mengakomodasi dual SIM card dan konektivitas standar seperti Bluetooth v4.1, Wi-Fi b/g/n (no Wi-Fi ac), GPS, GLONASS dan Beidou. Buat mendukung sektor hiburan selain pemutar musik dan video disertakan juga radio FM.

Smartphone ini mengusung baterai berkapasitas cukup besar yakni 3000mAh. Tapi harap diingat kalau Huawei Honor 5C belum mendukung USB Type-C alias masih bersandar pada microUSB 2.0. Buat sistem operasinya, silahkan tersenyum lega karena sang vendor memasangkan Android 6.0 Marshmallow didukung EMUI v4.1.

Huawei Honor 5C mulai tersedia di Tiongkok dengan banderol sekitar 899 yuan atau setara IDR 1.798.000 (kurs 2000) untuk versi 3G. Sementara versi 4G dibanderol sekitar 1000 yuan atau sekitar IDR 2 jutaan. Ketersediaan global masih belum terungkap.