ArenaLTE.com – HTC kembali memperlihatkan eksistensinya dengan meluncurkan smartphone yang tak disangka-sangka sebelumnya. Hampir beberapa pekan setelah heboh kehadiran flagshipnya HTC 10, kini mereka resmi menyingkap seri baru yang tak terpantau radar yakni HTC One S9.

HTC One S9 muncul dengan kelengkapan konektivitas yang mumpuni. Termasuk 9 band 4G LTE Cat. 4 yang memiliki kecepatan download hingga 150Mbps dan upload 50Mbps. Didukung dengan berbagai jalur akses koneksi mulai dari Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.1 dan GPS/GLONASS/Beidou.

htc ones s9 2Smartphone ini menambahkan diri dalam koleksi keluarga One yang menggunakan kode ‘9’, bergabung bersama dengan One M9, A9, E9, X9. Sebagai anggota dari generasi yang sama, HTC One S9 terlihat memiliki kemiripan style dengan M9. Nyaris tak ada sentuhan yang bercita rasa sang kakak yang paling baru HTC 10.

Perbedaan dengan M9 sendiri tak terlalu kentara, kecuali pada bagian speaker dan beberapa minor update. Di sektor display, smartphone ini mengemas layar Super LCD berdiagonal 5 inci pada resolusi full HD. Seri ini memang dilapisi kaca anti gores Gorilla Glass namun versinya masih belum terindentifikasi.

Nah, bagian dapur pacu, HTC One S9 membenamkan chipset Mediatek helio X10 yang berbasis inti octa core Cortex-A53 berkecepatan 2GHz. Sebagai penunjang kinerja, vendor menancapkan juga RAM dengan besaran 2GB. Sementara memori internal di dalamnya mempunyai kapasitas 16GB dengan ketersediaan 9,24GB. Tersedia juga slot microSD untuk memperbesar storage hingga 2TB.

Di sektor kamera, kalian akan menemukan sebuah unit utama di bodi belakang dengan sensor 13MP. Sedikit merosot dari HTC One M9 yang berkekuatan 21MP. Beberapa fitur pendukung yang menyokongnya antara lain f/2.0 aperture, 28mm equivalent focal length dan  OIS. Sementara kamera depan disuplai UltraPixel dengan sensor yang punya resolusi 4MP, 2 μm pixels, f/2.0 aperture, 26.8mm equivalent focal length.

HTC One S9 mengusung dimensi At 144.6 x 69.7 x 10.1 mm, secara garis besar hampir sama dengan M9 kecuali lebih tebal. Di bagian baterai, smartphone ini punya kapasitas 2840mAh yang relatif tak jauh berbeda dengan seri sekelasnya. Di bagian audio ditanamkan speaker BoomSound speakers yang sudah stereo.

Smartphone ini sudah disuntik dengan sistem operasi Android Marshmallow yang berjalan bersama HTC Sense. Dari spesifikasinya, seri ini terlihat masuk kelas menengah. Sayangnya, banderol yang diusungnya ternyata cukup tinggi. Yakni pada kisaran 499 euro atau setara IDR 7.485.000 (kurs 15000) dalam sebuah listing di Jerman.