ArenaLTE.com – Setelah melewati rumor berkepanjangan, HTC One A9 resmi meluncur. Tepat 20 Oktober 2015, perusahaan resmi mengungkap HTC One A9 melalui streaming di htc.com/launch. Meski belum ada konfirmasi resmi namun smartphone anyar ini akan segera membanjiri pasar pada November tahun ini.

HTC One A9 adalah smartphone berbasis Android 6.0 Marshmallow non Nexus pertama yang resmi diungkap. HTC One A9 membawa angin segar buat portofolio perusahaan serta akan bahu membahu dengan seri lain di jajaran One untuk berkompetisi dengan para rival.

htc-one-a9-hero-image-stretched-100622870-primary.idgeRumor tinggal rumor, perdebatan soal posisi HTC One A9 di pasar terjawab sudah. Yups, secara spesifikasi, saya meyakini jika HTC One A9 lebih condong menyusup di kategori atas namun tak terlalu premium. Beberapa parameternya sudah sangat jelas, prosesor yang dipakai, kemampuan kamera hingga kualitas display.

HTC One A9 yang kabarnya bakal mendukung resolusi 2K masih memilih layar Super AMOLED 5 inci dengan resolusi full HD 1080p sebagai andalan. HTC mengaku mendesain One A9 dari nol, menggabungkan elemen pokok dari ponsel sebelumnya. HTC One A9 unibodi secara keseluruhan terbuat dari logam dengan dukungan 2.5D Gorilla Glass 4 memproteksi sektor depan.

Oh ya, smartphone ini juga menjadi seri pertama yang bakal menjajal chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 617. System on a Chip (SoC) baru yang mengantongi prosesor octa core (empat Cortex-A53 berclockspeed 1.5GHz dan empat Cortex-A53 berclockspeed 1.2GHz). Tak ketinggalan GPU Adreno 405 dan 2/3 GB RAM (tergantung versinya) disisipkan dalam paket tersebut.

Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, HTC One A9 hanya mengemas kamera berkekuatan 13MP dengan optical image stabilization dan kemampuan rekam video 1080p (Snapdragon 617 belum mendukung 4K). Kameranya sudah mendukung RAW dan video Hyperlapse (stabilized time-lapse). Sementara di bagian depan sebuah kamera 4MP dengan UltraPixel sensor dan bright aperture F/2.0 sudah mendukung selfie serta pemotretan dalam kondisi low light.

HTC One A9 menyediakan dua versi kapasitas penyimpanan 16GB dan 32GB. Semuanya sudah dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori. HTC One A9 adalah smartphone 4G LTE dengan kemampuan terkini. Sekedar catatan saja, prosesor HTC One A9 diciptakan guna mendukung konektivitas teknologi generasi LTE (Long Term Evolution)-A (Advanced).Beberapa fitur dalam Snapdragon 617 antara lain teknologi built-in Qualcomm Quick Charge 3.0, serta mendukung times-faster battery charging yang 4x lebih cepat dibanding pengisian baterai di ponsel standar.

Konektivitas X8 LTE yang ditanam pada Snapdragon Qualcomm 617 menawarkan kecepatan download Kategori 7 hingga 300 Mbps dan kecepatan upload hingga 100 Mbps dengan menggunakan bi-directional 2×20 MHz carrier aggregation.

Dukungan prosesor untuk carrier aggregation juga membantu perangkat memperpanjang masa hidup baterai. Karena pembawa agregasi memungkinkan untuk memperoleh download dan upload lebih cepat, memungkinkan perangkat untuk mengurangi jumlah waktu radio LTE diaktifkan, dan pastinya mengurangi konsumsi daya.

Menariknya, tombol Home pada HTC One A9 bisa berfungsi sebagai pemindai sidik jari yang bisa membuka ponsel meski display dalam kondisi mati. Kita juga bisa menggunakan sensor ini untuk melakukan pembayaran Play Store.

Seperti sudah diprediksi, smartphone ini mengusung desain sedikit menyerupai iPhone. Bodi HTC One A9 cukup tipis dengan ketebalan hanya 7,2 mm serta memiliki bentuk ergonomis sehingga mudah masuk saku. Beratnya sekitar 143 gram.

HTC One A9 dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 2150 mAh yang seperti sudah disebut di atas mendukung Quick Charge 2.0 (dan 3.0). Tapi kamu harus membeli HTC charger 15W jika ingin pengecasan lebih ultra cepat. HTC One A9 meluncur dengan warna Opal Silver, Carbon Grey, Deep Garnet dan Topaz Gold. Harga HTC One A9 masih belum terungkap jadi silahkan menerka-nerka dulu.