ArenaLTE.com – Apakah HTC bisa mengangkat kembali pamornya di industri smartphone? Semuanya tergantung pada ujung tombak baru HTC 10 yang baru saja resmi tampil ke hadapan publik. Nama HTC belakangan seperti hilang ditelan bumi seiring gempuran smartphone asal Tiongkok yang sulit diantisipasi.

HTC 10 berpotensi mengangkat kembali nama besar HTC serta mengingatkan pasar bahwa brand HTC masih eksis.  Jadi, apa saja sih yang dibawa HTC 10 ke hadapan kita? Salah satunya tentu saja perubahan dari segi nama yang lebih simpel dan praktis. HTC 10. Lepas dari bayang-bayang seri papan atas sebelumnya yang mengusung embel-embel seperti ‘One’ disusul ‘M’.htc 10 fixedBagaimana dengan spesifikasinya? Berikut spesifikasi HTC 10 yang bisa sedikit memberikan gambaran buat kita.

Layar: 5.2″ Quad HD Super LCD 5 display
Prosesor: Qualcomm Snapdragon 820 chipset untuk pasar AS / chipset Qualcomm lain sesuai target market
RAM: 4GB RAM dan memori internal 32/64GB storage , plus slot microSD card hingga 2TB
Kamera: 12MP UltraPixel 2 dengan 1.55um pixels dan  f/1.8 aperture, OIS, laser autofocus, RAW, 4K video recording, Pro camera mode, hyperlapse; kamera depan: 5MP dengan ultra-wide lens, OIS, 1.34um pixels dan f/1.8 aperture
Multimedia: Dual non-stereo BoomSound speakers with Dolby Audio, woofer + tweeter, 3 noise-cancelling mic
Baterai: 3,000mAh
OS: HTC Sense 8 UI atop Android 6.0 Marshmallow
Fitur: Fingerprint sensor, USB Type-C
Warna: Carbon Grey, Glacier Silver, Topaz Gold, Camellia Red

htc 10 backDi sektor desain, panel depan dilapisi kaca yang menyatu dengan material logam di sekeliling tubuhnya. HTC mengklaim jika komponen bodi dari ponsel ini memiliki durabilitas tinggi dan sudah melewati uji temperatur.

Urusan hiburan tertanam speaker Boomsound buat kalangan audiophile. HTC 10 datang dengan headphone amp, 24-bit audio dan DAC performa tinggi. Pokoknya smartphone ini diklaim mengubah standar baru reproduksi audio.

Pada tombol home fisik tertanam sensor sidik jari yang kabarnya bisa membuka ponsel hanya dalam hitungan 0,2 detik. Sementara di sektor baterai, HTC 10 membenamkan sumber daya berkapasitas 3000mAh yang cukup buat menunjang kinerjanya.

HTC 10 ditenagai dapur pacu terbaik Qualcomm saat ini yakni Snapdragon 820. Prosesor ini terbukti mampu bekerja dengan baik dalam smartphone flagship lain seperti Samsung Galaxyy S7 atau LG G5. Bahkan tersiar kabar kalau performa chipset dalam HTC 10 bakal melampui keduanya.

Di sektor memori, kalian akan mendapati RAM 4GB yang sudah menjadi standar seri high end saat ini. Di bagian penyimpanan tersedia opsi memori internal 32GB atau 64GB. Meski tidak ada versi yang mengusung memori internal hingga 128GB. Tertanam juga slot microSD buat yang ingin memperluas storage-nya.

htc 10 aKomponen kamera pada HTC kerap mendapat kritikan pedas dalam dua tahun terakhir. Tapi kali ini, HTC tengah ‘mengamuk’, mereka sudah menyiapkan sensor UltraPixel generasi kedua berkekuatan 12MP sebagai amunisi kamera utama.  Disokong f/1.8 aperture dan 1.55um piksel buat mendongkrak kemampuan dalam kondsi low light.

Ditanami juga dengan optical image stabilization, laser autofocus dan fitur mumpuni seperti Pro mode untuk merekam hyperlapse, 4K video recording, Auto HDR, 12X slow-mo video capture dan Zoe Capture. Di depan, tertanam unit kamera 5MP dengan wide angle selfie , 1.34um pixels, large f/1.8 aperture dan optical image stabilization.

htc 10 cameraHTC 10 punya layar seluas 5.2 inci dengan QHD resolution (1,440 x 2,560px) disuntik panel Super LCD 5 dengan desain kaca cembung. Guna memberikan pengalaman menarik buat pengguna HTC 10 dilengkapi HTC Sense 8 UI berbasis Android 6.0 Marshmallow. Tak ketinggalan dukungan jalur data Cat.9 LTE (450 Mbps down, 50 Mbps up). HTC 10 akan dibanderol sekitar 699 dolar AS setara IDR 9.087.000 (kurs 13000) saat peluncurannya nanti.