ArenaLTE.com – Saat ini jarang sekali vendor yang memproduksi ponsel berbasis Windows 10 kecuali Microsoft lewat varian Lumia. Mendadak, muncul HP (dulu Hewlett Packard) yang datang sekaligus dengan HP Elite X3. Hebohnya lagi, ternyata smarpthone high end yang mengadopsi Windows 10 ini didesain sebagai device dengan kemampuan terpadu: bisa menjadi smartphone, laptop bahkan desktop PC. Serius?

Dengan bentang layar seluas 6 inci, HP Elite X3 sebenarnya bisa didefinisikan sebagai phablet. Nah, bagaimana kok smartphone ini bisa difungsikan sebagai PC Desktop? Inilah kelebihan memakai Windows 10. HP Elite X3 bisa memanfaatkan salah satu fitur unggulan di sistem operasi teranyar buatan Microsoft tesebut yaitu Continuum. Fitur baru ini sangat menarik karena kita bisa mengkoneksikan smartphone ke monitor dan menjadikannya bertugas seperti desktop PC, menjalankan aplikasi desktop (dengan limitasi).

Semuanya bisa dilakukan dengan mudah dengan cara mencolokkan ponsel ke dock khusus yang terdedikasi. Saat kita menjalankan monitor dengan tampilan desktop Windows, ponsel tetap bisa dipakai secara independen dan penuh. Untuk menelpon misalnya atau melakukan aktifitas lain.

Inilah ‘fitur pembunuh’ yang sebenarnya menjadi keunggulan Windows 10 ketimbang Android atau iOS. Nah, buat mendukungnya HP mengembangkan sebuah software untuk menjalankan aplikasi dari cloud. Tapi ingat, kita butuh bantuan divisi IT yang mengerti buat setting. Karena fitur ini bukan diperuntukkan buat konsumen biasa seperti kita.
Baca juga: Inilah Daftar Kelebihan Windows 10 yang Perlu Kamu Ketahui

HP-Elite-X3-PCUntuk mendapatkan kinerja yang bisa diandalkan, seri ini sudah dibenami dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820. HPT Elite X3 adalah salah satu dari smartphone pertama yang memakai prosesor premium teranyar Qualcomm yang diklaim mampu menyajikan performa sekelas workstation pada perangkat mungil. Sudah mengantongi X12 LTE dan didukung teknologi Qualcomm Quick Charge 3.0. Efisiensi daya pada chipset ini juga sangat tinggi.

Menemani dapur pacunya, HP Elite X3 menyisipkan RAM 4GB. Sektor penyimpanan bakal sangat leluasa karena perusahaan menyuguhkan memori internal 64GB yang kapasitasnya bisa diperbesar via slot microSD hingga 2TB.

Sebagai pendukung security, phablet atau smartphone ini memiliki pemindai iris mata di bagian depan dan sensor sidik jari di area belakang. Jadi sudah sangat lengkap dengan rentang pilihan beragam, mempermudah pengguna khususnya dalam hal kenyamanan pemakaian.

Di sektor daya, HP Elite X3 mempersiapkan baterai berkapasitas 4150 mAh, termasuk besar lho di kelasnya. Terlebih lagi, pengisian dayanya sudah didukung dengan wireless charging. Elite X3 sengaja dirancang powerful karena HP ingin kita memakainya lebih dari sekedar smartphone atau phablet.

HP-elite-x3-front

HP menawarkan beberapa aksesoris untuk Elite x3 yang bisa membantunya berubah menjadi full PC. Salah satunya Desk Dock, sebuah dok khusus dengan dukungan banyak port (USB, UBS-C, DisplayPort, Ethernet) untuk tersambung ke monitor. Ada juga Mobile Extender yang mirip dengan laptop, lebih terlihat seperti sebuah perangkat dengan display, baterai dan keyboard.

Sayang, harga dan ketersediaan dari HP Elite X3 masih belum diungkap.