Tips Hemat Data Bermain Game Online Pokemon Go di Smartphone

ArenaLTE.com - Game online mobile kini tengah naik daun, seperti layaknya Pokemon Go yang cukup digemari banyak para pengguna smartphone dunia. Tak hanya dunia, di Indonesia sendiri game online ini cukup menjadi fenomenal dan meraih peringkat teratas. Namun sayangnya, meski permainan ini diklaim hanya sedikit konsumsi data tetapi karena berbasis online sepertinya hal itu tetap perlu diwaspadai. Berikut kami berikan tips mudah menghemat data game online dan Pokemon Go untuk smartphone.

Bermain game online atau berburu Pokemon  memang kegiatan yang sangat adiktif, namun tanpa disadari game ini juga dapat memakan data Anda dalam waktu singkat. Dalam aplikasi penjelajah situs Opera sendiri Pokemon Go diklam telah menggunakan setidaknya akses sebesar 600 MB  data dalam 28 hari. Tentunya jumlah ini tergolong besar bukan?

Selain itu, melalui aplikasi penjelajah situs Opera Max untuk Android dan iOS juga dapat dimanfaatkan para pemain untuk membantunya menghemat data dan mengelola paket layanan data operator yang digunakan. Berikut tips mudah menghemat data bermain game online dan Pokemon Go, agar Anda tak lagi kuatir dan kehabisan paken layanan akses internet.

Berikut adalah beberapa tips dari Opera Max untuk para penggila game online mobile :

Pantau konsumsi data ‘real-time’

Dengan Opera Max, Anda bisa mendapatkan informasi real-time tentang berapa banyak data yang digunakan oleh game online atau Pokémon GO, dan setiap aplikasi di ponsel Android Anda. Ini akan membantu mendapatkan kendali penuh dan pemahaman tentang penggunaan data, sehingga Anda dapat menghemat data dengan mudah.

game online

Untuk mengetahui berapa banyak data yang Anda gunakan pada Opera Max, tekan ikon Pokémon Go  pada timeline Opera Max. Di sini Anda akan melihat berapa banyak data yang digunakan ketika berburu Pokemon, dan melihat kembali berapa banyak konsumsi data setiap hari dengan mengklik "hari ini". Jika Anda tekan ikon ringkasan, Opera Max juga akan menunjukkan berapa banyak penggunaan data yang terjadi di latar depan vs latar belakang dan berapa banyak data yang telah dihemat.

Batasi penggunaan data latar belakang

game online

Apakah Anda tahu bahwa 30% dari semua penggunaan data terbuang di latar belakang? Data latar belakang (background data) adalah semua lalu lintas internet yang terjadi di saat Anda tidak benar-benar menggunakan aplikasi: email sinkronisasi, ataupun pemberitahuan push. Opera Max memiliki fitur peringatan untuk memberitahu ketika sebuah aplikasi mengkonsumsi sejumlah besar data, sehingga Anda dapat memilih untuk memblokir aplikasi tersebut menggunakan paket data, atau membatasinya untuk Wi-Fi saja, hal ini tentunya akan banyak sekali menghemat data. Hal ini juga akan membantu untuk optimalisasi penggunaan paket data dan bermain Pokemon GO ketika berada di luar jangkauan Wi-Fi  gratis.

Hemat data video

Video online mengkonsumsi lebih dari 50% dari penggunaan paket data selular Anda - dan data yang  berharga ini sebetulnya dapat digunakan untuk game online. Opera Max dapat mengecilkan ukuran data video hingga 50% dari ukuran aslinya untuk aplikasi video populer online. Dengan kata lain, jika menggunakan Opera Max, Anda mengkonsumsi lebih sedikit data ketika menonton video di YouTube, Netflix dan aplikasi Instagram aplikasi. Jika melakukan ini, artinya Anda akan memiliki tambahan jumlah paket data untuk bermain Pokémon Go.
BACA : Bermain Pokemon Go tidak menguras kuota data?

Leave a Comment