ArenaLTE.com – Samsung Galaxy A9 baru saja resmi meluncur di Tiongkok sekitar sepekan lalu di Tiongkok. Bisa dibilang semua hal yang ditampilkan seri baru ini sedikit mengejutkan dan agak di luar ekspektasi. Karena menempati kasta tertinggi dari jajaran A-series, maka harga Samsung Galaxy A9 pun sesuai dengan levelnya. Smartphone ini duduk tepat di pertemuan antara seri menengah atas dengan seri flagship.

Soal harga jual di kawasan Asia memang masih belum ada rilis resmi dari perusahaan. Tapi berdasarkan bocoran yang muncul lewat screenshot seorang user di situs jejaring sosial Weibo, harga Samsung Galaxy A9 dibanderol 3.199 RMB (Chinese Yuan Renminbi). Jika dikonversi ke kurs Rupiah yang sebesar IDR 2.100, berarti harga Samsung Galaxy A9 adalah sebesar IDR 6,7 juta. Jika bicara spesifikasinya, harga tersebut bisa dibilang masih cukup menjanjikan.

harga samsung galaxy a9Desain Samsung Galaxy A9 mengkombinasikan komponen kaca premium dengan logam. Smartphone dengan bentang layar 6 inci ini sudah disuntik dengan panel AMOLED resolusi full HD. Bezelnya dibuat sangat tipis dan minimal sehingga membuatnya rasio layar dan bodi terlihat ideal.

Sebagai senjata di bagian jantungnya, Samsung Galaxy A9 menancapkan chipset yang baru saja berganti nama, yakni Qualcomm Snapdragon 652 (sebelumnya memakai nama Snapdragon 620). Prosesor ini bertanggungjawab mengurusi operasional ponsel bersama dengan RAM sebesar 3GB.

Untuk ruang penyimpanan file, data, video, foto, musik dan lain-lain, Samsung Galaxy A9 sudah mengantongi memori internal 32GB. Tersedia pula slot memori microSD buat yang ingin memperbesar kapasitas memori dalam smartphone ini.

Di bagian imaging, Samsung Galaxy A9 sudah mematri kamera utama 13MP dengan aperture f/1.9 dan dukungan optical image stabilization (OIS). Pada sektor depan, terdapat kamera berkekuatan 8MP dengan lensa yang memiliki kualitas tak jauh berbeda.

Samsung Galaxy A9 disuplai dengan baterai berkapasitas cukup besar yakni 4000 mAh. Senyum kita akan semakin lebar begitu mengetahui kalau smartphone ini juga sudah mendukung fitur QuickCharge untuk pengecasan lebih cepat.

Di bagian tombol home, Samsung menanamkan sensor sidik jari yang didukung Samsung Pay. Konektivitasnya pun cukup menjanjikan dengan dukungan Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth v4.1, GPS/Beidou dan NFC. Oh ya, hampir lupa, Samsung Galaxy A9 mengandalkan sistem operasi Android 5.1 Lollipop.