ArenaLTE.com – Samsung Electronics Indonesia (SEIN), hari ini memperkenalkan serangkaian kecanggihan Samsung Galaxy A8. ArenaLTE.com yang berkesempatan melakukan hands-on Samsung Galaxy A8 merasakan berbagai kelebihan yang dimiliki smartphone terbaru di Galaxy A Series ini. Terutama dalam hal desain premium berbahan metal, kamera yang bagus dan daya tahan baterai yang baik.

Menurut Vebbyna Kaunang, Marketing Director – IM Business SEIN, Samsung Galaxy A8 dihadirkan untuk menyasar kalangan anak muda yang memiliki kepribadian yang berkarakter kuat, orisinal dan percaya diri tinggi. Samsung menyebut kalangan anak muda ini sebagai Gen A.

Samsung Galaxy A8 hadir dengan desain berbahan metal yang memang menjadi ciri khas seri Galaxy A. Seperti Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy A8 dilengkapi dengan frame metal namun lebih tipis dan lebih ringan. Dengan ketebalan hanya 5,9 mm menjadikan Samsung Galaxy A8 ini termasuk yang tertipis dari keluarga Samsung Galaxy lainnya. Bezel yang tipis membuatnya mudah dioperasikan dengan satu tangan, dan ukuran layar yang besar membuat Samsung Galaxy A8 ini terlihat tinggi dan panjang.

Samsung Galaxy A8 memiliki layar paling besar dari keluarga seri A lainnya yakni berukuran 5,7 inchi Full HD jenis Super Amoled. Resolusi 1080p yang mirip di Galaxy Note 3 menyajikan ketajaman layar cukup baik. Kepadatan piksel 386ppi yang mendekati  layar 5,5 inchi 1080p milik iPhone 6s Plus.

Mengoperasikan Android 5.1.1 Lollipop, Samsung Galaxy A8 juga gilengkapi dengan interface TouchWiz. Performa Samsung Galaxy A8 secara keseluruhan terasa lancar dan smooth, baik itu menjalankan semua fiturnya, browsing internet hingga memainkan game dengan grafis tinggi.

Untuk urusan kamera, Samsung Galaxy A8 dilengkapi 16 Megapiksel kamera dibagian belakang dengan f/1.9 aperture sedangkan untuk selfie, kamera depannya 5 Megapiksel. Sensor kamera menggunakan ISOCELL technology namum fasilitas Optical Image Stabilization (OIS) dan perekam video 4K dihilangkan. Kamera bisa diluncurkan dengan melakukan double tap pada tombol home. Disediakan beberapa mode pemotretan seperti panorama, continuous shot, night, dan Pro yang memungkinkan pengaturan kamera secara manual.

Untuk menghibur penggunanya, fasilitas multimedia melimpah mulai pemutar musik, video, radio, hingga video streaming YouTube. Sayangnya, saat redaksi mengKualitas speaker di bagian belakang Samsung Galaxy A8 bukan yang terbaik dikelasnya. Suara yang semburkan tidak maksimal dan agak sulit didengar terutama jika kondisi ruangan agak berisik.

Fasilitas menarik dari Samsung Galaxy A8 ini kemampuannya mendukung Dual SIM card dan salah satu slot SIM Cardnya tersebut dapat digunakan juga sebagai slot microSD card yang dapat menampung hingga 128 GB. Terserah kita apakah ini menggunakan slot tersebut untuk SIM Card atau MicroSD.

Tentu saja, samsung Galaxy A8 ini sudah mendukung konektifitas HSDPA hingga  4G LTE Cat 6 yang mampu ngebut koneksi data hingga 300 Mbps. Selain jaringan mobile broadband hingga 4G LTE, konektivitas didukung oleh WiFi. Namun konektivitas melalui IR dan NFC tidak tersedia di sini.

Samsung Galaxy A8 untuk pasar Indonesia ditancapkan Prosesor Exynos Cctacore yang terdiri dari Helsinki + Shannon333 (quad 1,8 Ghz + quad 1,3 Ghz) dengan dorongan RAM 2 GB. Untuk kapasitas penyimpanan memori internal disediakan 32 GB.

Dan yang mengejutkan adalah kapasitas baterainya, Samsung Galaxy A8 ditenagai dengan baterai berkapasitas 3,050 mAh yang memiliki daya tahan yang bagus. Meskipun baterai tidak dapat dilepaskan, konsumsi  dalam kondisi standby sangat irit sehingga dapat bertahan selama 20 jam sehari. Bagi yang berminat untuk meminangnya, harga Samsung Galaxy A8 bisa diperoleh dengan merogoh kocek sebesar Rp. 6.499.000.

Kelebihan Samsung Galaxy A8:

  • Desain premium berbahan metal
  • Paling tipis dari Seri Galaxy lainnya
  • Display cukup tajam
  • Tambahan slot MicroSD
  • Daya tahan baterai yang prima 3050 mAh
  • Kamera bagus
  • Finggerprint scanner

Kekurangan Samsung Galaxy A8:

  • Harga termasuk mahal di kelas menengah
  • Speaker yang lemah
  • Baterai unibody
  • Tidak ada IR, NFC dan Samsung Pay

Comments

  1. […] ArenaLTE.com – Samsung Indonesia ketika memperkenalkan kecanggihan Samsung Galaxy A8 di H Gourmet and Vibes, Jakarta, (01/10/2015) menyebutkan istilah target penggunanya yang merupakan kalangan anak muda sebagai Gen A. Salah satu figur publik yang didapuk Samsung sebagai Gen A adalah artis muda sekaligus musisi berbakat Eva Celia. Baca: Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A8 […]

  2. […] Yups, Samsung Galaxy J2 yang sudah resmi meluncur di India ini ternyata juga mulai menyusup ke Indonesia dengan cara mengendap-endap. Meski belum secara resmi diluncurkan Samsung Indonesia, kita sudah mulai bisa menemukan Samsung Galaxy J2 di pasaran. Harga Samsung Galaxy J2 dipatok sekitar IDR 1,95 juta hingga IDR 2,15 juta dan dapat diburu di beberapa toko online (marketplace) seperti Tokopedia. Baca: Hands On: Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A8 […]