ArenaLTE.com – OnePlus 2 yang telah diperkenalkan dan akan dipasarkan di Indonesia, pada kuartal-IV 2015 di Indonesia diklaim pihak perusahaan memiliki banyak pembaruan. Salah satu fitur OnePlus 2 yang diunggulkan adalah desain, kamera, serta beberapa hal lainnya yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk memaksimalkannya.

Dalam pengenalannya kepada media kemarin, Jumat 31-Juli-2015 OnePlus 2 diklaim oleh Michael TideBack, pemegang komunitas OnePlus di Indonesia, hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna Tanah Air atas saran dalam pengembangan produk yang akan di pasarkan nanti.

Meski dalam waktu yang singkat, redaksi ArenaLTE, telah berhasil mencoba sensasi ponsel flagship tersebut, serta mencoba beberapa fitur Oneplus 2 yang diklaim sebagai unggullan produk. Berikut ulasan hand-on yang dirasakan.

Desain

Berbicara mengenai desain, redaksi akui bahwa OnePlus 2 memang memilliki keunggulan bahan yang tidak kesat. Terutama terletak pada bagian cover belakang bodi ponsel, dibuat dengan desaan kasar (produk yang dipegang), meski beberapa seri lainnya tidak sama. Ada sekira 5 varian desain yang dibawa produsen, tiga diantaranya berdesain kayu, satu berdesain bahanseperti kevlar (mirip dengan desain bodi pada Motorola Droid), serta terakhir yang kami coba adalah berdesain plastik dengan permukaan yang cukup kasar.

Sayangnya, desian bodi ponsel dari seri warna hitam dengan kontur bahan kasar, membuat kurang nyaman dipegang. Meski tidak membuat luka, namun permukaan bodi tersebut sangat terasa seperti ampelas halus memiliki kontur bergerinjal. Seandainya bahan yang digunakan adalah bahan hard plastic dengan warna doff hitam, mungkin rasa kesat serta elegan ponsel benar bisa dirasakan.

button1 button2

Button Physic

Pada bagian bingkai OnePlus 2 yang dihias dengan bahan alumunium alloy, memang membuat ponsel terlihat lebih kokoh. Desain sudut tumpul dan tidak tajam juga membuatnya cukup nyaman untuk diletakkan saku. Namun sayangnya, tepi bagian bawah ponsel masih terasa seperti hasil jiplakan produk lain, mirip dengan iPhone 6 yang hadir dengan lubang speaker dibawah.

Sisi tepi bodi sebelah kanan, diletakkan untuk pengaturan volume (-/+) agar keluaran suara Audio bisa diatur untuk besar maupun kecil. Sedangkan pada sisi bawahnya, terletak tombol power yang juga difungsikan untuk mengunci layar ponsel maupun untuk mengatifkannya lagi.

Sedangkan untuk sisi kiri bodi ponsel, diletakkan tombol untuk mengunci rotasi layar. Hal tersebut diklaim untuk membantu pengguna agar lebih cepat mengakses sistem otomatis layar, untuk bisa mengenali pengguna di mosu landscape maupun portrait.

Selain itu juga, OnePlus 2 memiliki tombol fisik ditengah bodi yang persis diletakkan pada bagian bawah layar, mirip dengan ponsel yang ada pada seri Galaxy milik Samsung. Fungsinya pun tidak jauh berbeda dari rivalnya tersebut, digunakan untuk mengakses cepat langsung ke menu home screen.

Screen

Tidak seperti yang dirumorkan sebelumnya, OnePlus 2 ternyata datang dengan dimensi layar lebih luas 5,5 inci serta panel LCD In-Plane Switching (IPS) dan diklaim mampu menghadirkan warna layar dengan tampilan detail tanpa gradasi di sudut penglihatan 170 derajat. Selain itu juga, seri ini diklaim sudah mendukung layar Full HD 1080p, bukan QHD seperti yang dirumorkan sebelumnya.

OS1 OS2

Oxygen OS

OnePlus 2 adalah ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi rancangan  OnePlus sendiri yaitu OxygenOS. Sistem operasi OxygenOS yang berbasis Android 5.1 memberi sensasi baru nan menyegarkan dalam pengalaman pengguna Android. Userinterface pada dasarnya sama dengan ponsel yang telah mengadopsi sistem antarmuka appdrawer.

Antarmuka tersebut akan langsung membawa pengguna untuk bisa menikmati akses menu dalam layer-layer atau screen sendiri. Setiap layer akan menampilkan ikon aplikasi yang disesuaikan dengan fungsinya, seperti halnya kamera dengan ikon kamera dan Google dengan ikon kasnya yang berbentuk bulat dengan tiga warna khusus, seperti merah, hijau, dan kuning.

Camera

Seperti yang dirumorkan selama ini, untuk kamera OnePlus 2 membawa dukungan resolusi lensa sebesar 13MP bagian utama. Diklaim hadir dengan dukungan bukaan mencapai f/2.0 yang akan menerima cahaya lebih banyak masuk, sehingga memungkinkan gambar akan lebih terang dalam pemotretan di ruang minim cahaya.

Tidak ada yang bisa redaksi ceritakan lebih jauh, perihal keunggulan kamera yang diadopsi pada OnePlus 2 tersebut. Namun, mengenai spesifikasi kamera depan 5MP dirasa cukup untuk bisa mendukung aktivitas pecinta foto selife pengguna dengan angle-view lebih luas.

Spesifikasi

OnePlus 2 diungkapkan telah dilengkapi dengan dapur padu prosesor Qualcomm Snapdragon 810 SoC. Mendukung pemrosesan sistem 64 bit dengan dukungan RAM kapasitas 4 GB LPDDR4. Dan untuk penjualan di Indonesia, kabarnya seri baru ini akan hadir dalam dua versi penyimpanan memori dan RAM yang berbeda.

Salah satu versi tersebut adalah penyimpanan 64 GB  dengan RAM 4GB, serta lainnya adalah memori RAM kapasitas 3GB dan penyimpanan sebesar 16 GB. Kiraan harga yang akan dilepas OnePlus adalah sekira Rp5,4 jutaan.

Comments

  1. […] ArenaLTE.com – Nasib sial menimpa OnePlus. Usahanya untuk menghadirkan ponsel yang digadang-gadang sebagai “flagship killer” justru gagal di tengah jalan. Produk terbarunya, smartphone OnePlus 2 gagal masuk Indonesia. Padahal seri ini sudah diperkenalkan secara terbatas kepada media dan komunitas di Indonesia pada akhir Juli 2015 silam. Baca: Hands-On Fitur OnePlus 2 di Indonesia […]