ArenaLTE.com – Tujuh bulan sejak diumumkan di MWC, GranitePhone akhirnya mulai dipasarkan. Apa sih GranitePhone? Ponsel ini dikonsep oleh IT specialist di bidang security, Sikur dan diklaim sebagai ponsel dengan keamanan ekstra ketat. Sementara produksinya dilakukan oleh oleh Archos. GranitePhone bisa dipesan dari website resminya dengan harga sekitar 849 dolar AS.

Harga jualnya sendiri menurut saya cukup mahal jika dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Untuk display, GranitePhone memasang layar 5 inci dengan resolusi full HD 1080p. Dapur pacunya mengedepankan chipset Snapdragon 615 yang disandingkan dengan RAM 2GB dan memori internal 16GB. Sementara kameranya mengandalkan sensor 16MP/8MP serta baterai berkapasitas 2700 mAh.

Archos perusahaan asal Perancis ini sepertinya cukup serius terjun di ceruk pasar ponsel dengan keamanan ekstra ketat. Mereka berkompetisi dengan produk lain seperti Blackphone dan Turing Phone. GranitePhone mengandalkan sistem operasi berbasis Android yang dijuluki Granite OS.

Granite OS pada dasarnya menjadikan GranitePhone sebagai ponsel dengan keamanan ekstra ketat. Semua yang terkandung di dalamnya GranitePhone sudah dienkripsi. Bahkan halaman utamanya sudah dikustom membedakan diri dari layout konvensional Android yang berkonsep grid. Sang pengembang mengklaim jika GranitePhone didukung dengan beragam lapisan otentikasi, tidak memiliki backdoor dan dikembangkan untuk konsumen yang berjiwa unik.

Pengembang juga mengklaim jika ruang penyimpanan GranitePhone sudah dibackup secara aman dalam cloud dan bisa diakses dari aplikasi khusus Sikur. Tapi tak disebutkan secara tegas sistem operasi Android versi berapa yang dipakai dalam rancangan GranitePhone ini.

Intinya, perusahaan menjanjikan proteksi yang berlapis termasuk cloud storage sudah dienkripsi, panggilan hingga pesan pun dienkripsi. Pihak Archos mengaku jika ponsel dengan keamanan ekstra ketat ini sudah dipakai oleh pemerintah dan agensi keamanan termasuk kalangan yang peduli dengan keamanan mereka.