goTenna, Sang Penyelamat Tatkala Sinyal Seluler dan WiFi Tiada

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - goTenna adalah penyelamat tatkala sinyal seluler dan wifi lenyap. Anda pasti pernah kehilangan koneksi jaringan seluler, sementara sinyal WiFi pun tak ada di sekitaran. Pikiran gundah gulana bisa jadi langsung menyergap, terlebih buat Anda yang sedang butuh akses sambungan internet untuk mengirim/menemerima email, atau chatting untuk urusan yang penting. Nyaris tak ada yang bisa dilakukan dalam situasi tersebut, pilihannya Anda harus berjuang mencari serviceable area atau pasrah menerima nasib.

Tapi itu kondisi dulu, GoTenna Inc. , perusahaan pengembang aplikasi asal AS, telah menemukan solusi yang atraktif dalam memecahkan problem loss sinyal seluler dan WiFi. Lewat perangkat kecil yang disebut goTenna ini, pengguna smartphone tetap dapat terkoneksi dengan ‘dunia luar’ meski tiada sinyal seluler dan WiFi. Malahan lewat perangkat berdimensi 147,3 x 25,4 x 12,7 mn dan berat 57 gram, pengguna dapat mengirimkan share GPS locations, smart messaging 1-1 atau grup, SMS, broadcast message, dan jaminan safe and secure connection.

Pertanyaannya bagaimana bisa? Terlebih goTenna tidak mengaiktan teknologi telepon satelit. Dikutip dari situs resminya gotenna.com, perangkat ini bekerja dengan mengandalkan frekuensi radio VHF (Very High Frequency) 2W. Dengan frekuensi VHF, maka pancaran sinyal dari goTenna dapat beroperasi di area dengan kedudukan tinggi maupun rendah, di daerah yang lapang maupun padat (urban). Disini peran pengembang juga sebagai penyedia layanan, sebagai penyedia layanan, GoTenna yang akan meng-convert pesan dari pengguna di jaringan GoTenna ke penerima yang berada di jaringan seluler. Untuk layanan jasa ini, GoTenna mematok tarif US$18 per bulan. Sementara harga perangkatnya dipatok US$60.

Dari sisi perangkat, modul goTenna terhubung ke smartphone lewat Bluetooth. Sudah barang tentu pengguna harus meng-install aplikasi goTenna di dalam ponselnya. Untuk smartphone pendukung, goTenna dapat digunakan di OS Android dan iOS.

Dalam rilisnya disebut, goTenna dirancang untuk kebutuhan para petualang alam. Untum ketahanan, perangkat memanng tidak anti air, tapi tahan air, debu dan benturan. Sebagai sumber tenaga adalah batetai lithium polymer dengan waktu siaga hingga 72 jam.

Leave a Comment