ArenaLTE.com – Lenovo Phab 2 Pro, smartphone Google Tango pertama di dunia akhirnya mulai dijual ke pasaran. Upaya merilis perangkat inovatif dan unik seperti Phab 2 Pro ini menjadi strategi sang vendor buat menjaring pengguna yang lebih luas. Lenovo Phab 2 Pro mengemas beberapa teknologi baru yang cukup menarik perhatian.

Seperti biasa, impresi pertama dari sebuah produk tentu saja tampilan. Lenovo Phab 2 Pro memiliki desain berbahan logam yang sangat bongsor untuk ukuran smartphone, yakni 6,4 inci dengan resolusi 2560×1440 piksel. Tapi sayang, prosesornya masih berbasis Qualcomm Snapdragon 652. Untung saja sudah disokong RAM 4GB dan ROM 64GB.

lenovo phab 2 proSmartphone ini berjalan di atas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Meski memang belum memakai Nougat setidaknya tak terlalu ketinggalan jaman. Menilik inovasi baru yang dibenamkan, asyiknya sih disandingkan dengan sistem operasi terbaru.

Fitur kunci dari Lenovo Phab 2 Pro sendiri terletak pada sistem kameranya. Area belakang dari Phab 2 Pro ini menyuguhkan kamera 16MP yang didukung  teknologi Tango augmented reality besutan Google. Teknologi ini pertama kalinya diterapkan dalam sebuah smartphone.
tango back cameraSatu hal menarik, smartphone ini memiliki tak kurang dari empat kamera. Di bagian depan disisipkan kamera selfie berkekuatan 8MP. Selain kamera utama di bodi belakang, Lenovo menambahkan dua unit kamera yang bisa melacak kedalaman dan gerakan.

Dengan dukungan kamera berkemampuan Tango, Lenovo Phab 2 Pro mampu melakukan banyak hal yang belum pernah ditemukan dalam smartphone pada umumnya. Tango sendiri adalah sistem kamera yang bisa mendeteksi obyek dalam 3D. Sebenarnya poin utama dari Tango adalah untuk menghadirkan pengalaman augmented reality (AR) yang ‘tersembunyi’ di background.

Berkat Project Tango, kamera pelacak gerak dan pendeteksi kedalaman ini bisa dipakai untuk mempelajari lingkungan. Bisa memetakan ruang fisik, melacak obyek dan bisa memproyeksikan efek visual dari ruang di dunia nyata.

lenovo phab 2 pro apptango gameSaat ini ada sekitar 35 aplikasi dalam Google Play Store yang bisa memanfaatkan kamera Tango. Sebagian merupakan game augmented reality, tapi ada juga aplikasi seperti Lowes Vision yang memungkinkan kita mengukur sebuah ruangan dalam rumah untuk memperkirakan berapa banyak furnitur yang bisa ditempatkan.

Lenovo Phab 2 Pro sudah tersedia di situs resmi Lenovo dan dijual secara unlock dengan harga sekitar 499,99 dolar AS atau setara IDR 6.499.870 (kurs 13000).