ArenaLTE.com – Gionee F103 akhirnya melakukan debut sebagai smartphone pertama ‘made in India’. Smartphone asal Tiongkok yang dibuat di India ini dijual cukup murah. Tengok saja, harga Gionee F103 yang dikembangkan di fasilitas pabrik Foxconn India dibanderol sekitar 155 dolar AS atau sekitar Rp 2.170.000 (kurs 14000).

Gionee F103 adalah smartphone yang beroperasi menggunakan dual SIM yang bisa berjalan di jaringan 4G sebagai senjata andalan untuk sektor layanan data. Sementara sistem operasinya masih menggunakan Android Lollipop tapi dipoles dengan antarmuka buatan sendiri yang dinamakan Amigo 3.0. Koneksi 4G LTE menjadi salah satu andalannya yang menyajikan koneksi internet ultra cepat.

Smartphone ini mengandalkan layar IPS seluas 5 inci dengan resolusi HD 720p. Untuk melindungi dari goresan yang bisa merusak display perusahaan sudah melapisinya dengan proteksi Dragontail notabene merupakan pesaing Gorilla Glass.

Bagaimana soal kameranya? Gionee F103 mengantongi kamera utama berkekuatan 8MP A/F didukung LED flash. Untuk kamera depan tertanam sensor dengan resolusi 5MP. Baterainya memiliki kapasitas relatif standar 2400 mAh.

Smartphone ini dipersenjatai chipset 64-bit 1.3GHz quad-core MediaTek MT6735 dengan dukungan RAM 2GB RAM. Tak ketinggalan memori internal sebesar 16GB yang bisa diperluas hingga 32GB.ntuk baterai, Gionee F103 dipersenjatai sumber daya berkapasitas 2400 mAh. Soal konektivitas tersedia Wi-Fi, GPS/ A-GPS, Bluetooth, and Micro-USB.

Sekedar informasi saja, Gionee mengklaim jika pihaknya berhasil menjual lebih dari 7 juta perangkat di India sampai sejauh ini. Kini sang vendor menargetkan peningkatan penjualan dua kali lipat dengan dukungan perakitan domestik. Perusahaan ini bekerjasama dengan Foxconn memproduksi seri F dan P dan Gionee F103 adalah seri pertama yang lahir.

“Kami terus melangkah menjadikan India sebagai pusat perakitan tidak hanya untuk konsumsi lokal tapi juga untuk negara lain di sekitarnya. Juga dengan perakitan lokal, kami bersemangat membuat produk yang berpusat di India,” ujar William Lu, President Gionee seperi dikutip dari Indianexpress.