ArenaLTE.com – Acara tahunan yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya yaitu ajang Consumer Electronic Show (CES 2016) sedang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat. Pada pameran teknologi tahunan CES 2016 yang ke 49 kalinya ini menghadirkan berbagai inovasi terknologi perangkat elektronik yang menjadi cerminan masa depan kita.

Hampir semua vendor elektronik dunia seperti LG, Huawei, Samsung, Sony memamerkan produknya mulai dari gadget canggih, smart TV, smartphone, 3D Printer, Virtual Reality, Drone dan berbagai perangkat elektronik berteknologi paling canggih saat ini. Berikut ini kami pilihkan beberapa gadget dan teknologi paling menarik yang hadir pada ajang CES 2016.

HTC MQAHTC One A9 Dengan teknologi MQA Audio Di CES 2016

Di tahun 2016 ini, teknologi audio MQA (Master Quality Authenticated) akan memulai debutnya dalam berbagai sistem player audio, online streaming dan music store. MQA ini merupakan teknologi baru yang dikembangkan oleh Bob Stuart (co-founder dari Meridian Audio) yang berhasil menghadirkan master-quality audio dalam sebuah file yang berukuran kecil sehingga nyaman untuk di download juga ringan untuk streaming musik. Pada ajang CES 2016 ini, HTC mengujicoba teknologi audio MQA ini menggunakan HTC One A9 sebagai konsep smartphone masa depan mereka.

Huawei-Honor-5XHuawei Mate 8 dan Honor 5X

Di Ajang CES 2016, Huawei memperkenalkan smartphone terbaru mereka yaitu Huawei Mate 8 dan Huawei honor 5X. Huawei Mate 8 sendiri sudah beredar di China dengan kemampuan hardware yang prima, sebut saja layar 1080p dan baterai 400 mAh yang dibungkos dengan bodi metal. Sedangkan Huawei Honor 5X diperkenalkan pertama kali di ajang CES 2016 untuk menyasar kelas menengah yang dibekali layar 5,5 inchi, prosesor 64-bit octa-core Snapdragon 615, kamera 13 MP dan baterai 3,000 mAh dengan banderol harga sekitar USD199.
Baca juga: 7 Alasan Penting Kenapa Harus Pakai Smartwatch

Microsoft otomotifWindows (auto) Mobile

Tanpa kita sadari, Microsoft memang muali mengekspansi industri automotif mulai dari Microsoft Embedded Platform yang dibenamkan dalam sinkronisasi sistem mobil Ford. Di ajang CES 2016 ini Microsoft menghadirkan koneksi wireles yang baik antara smartphone dengan mobil menggunakan fitur office dan Microsoft cloud. Kini kita bisa mengakses dan merespon email dengan suara kita, mengatur jadwal dan melakukan panggilan skype secara cepat dan mudah melalui mobil.

LG DIsplayLG K10 dan K7

Bagi LG, ajang CES 2106 menjadi momen untuk memperkenalkan jejeran smartphone terbaru mereka yaitu LG K10 and K7 yang menawarkan layar berukuran 5 dan 5,3 inchi dengan penampilan premium dengan harga terjangkau. Keduanya dilengkapi dengan prosesor quadcore 1.1-1.3 GHz. LG juga memperkenalkan sebuah inovasi teknologi display fleksibel 18-inch paper-thin OLED. Layar ini sangat fleksibel bahkan sanggup digulung seperti seperti layaknya sebuah koran. Layar fleksibel dari LG ini memiliki resolusi 1200 x 810 ppi dan diprediksi akan menjadi model kertas baru di masa depan dan untuk solusi e-readers.

CHIP-ROBOT-DOGChip si Anjing Robot

Ini benar-benar merupakan robot peliharaan yang lucu, pembuatnya WowWee Robotics menyebutnya sebgai CHIP ‘ultimate AI Robotic Dog’. Chip ini memiliki kepribadian berdasarkan AI yang dapat beradaptasi selama kita beramain dengannya. Chip juga akan mampu mengenali kita dan merespon semua perintah yang kita berikan termasuk bermain bola bahkan mengajarkannya sebuah trik khusus dengan palikasi yang kita instal ke dalam smartphone kita.

VRVR di CES 2016

Virtual Reality sedang menjadi tren dan CES 2016 menjadi salah satu ajang para vendor untuk memamerkan VR mereka. Oculus sudah pasti akan meluncurkan Ocuus Rift mereka pada Q1 2016 ini. Sony memamerkan Project Morpheus mereka yang juga dikenal sebagai Playstation VR. Kita jug abisa merasakan sensasi Virtual Reality menggunakan HTC Vive VR headset yang rencananya akan beradar pada April 2016 mendatang. Samsung juga punya senjata andalan Samusng Gear VR 2 yang memiliki berbagai fitur terbaru.

Kulkas IoTSamsung, LG, and Sony Menghadirkan berbagai Eletronik Rumah Tangga Terkoneksi

Amsung, LG dan Sony benar-benar menajdikan ajang CES sebagi unjuk kebolehna menghadirkan perangkat Internet Of Things. Mereka menghadirkan beragam alat elektronik Rumah Tangga yang mampu terkoneksi seperti Smarter refrigerators, smarter TV untuk smarter home. Berbagai perangkat seperti kulkas, TV hiingga mesin cuci sudah dapat terkoneksi dengan smartphone dan mampu dikendalikan dari jaka jauh.