ArenaLTE.com – Meski nama Nokia sudah hilang di peredaran smartphone baru, tapi nama Lumia yang merupakan warisan Nokia masih dipakai setelah diakuisisi Microsoft. Merek Lumia dianggap masih menjual sebagai ciri khas ponsel berbasis Windows. Bertepatan dengan ajang Tech Days 2015, Microsoft merilis smartphone premium yang menjadi jagoan baru perusahaan yakni Microsoft Lumia 950 XL.
BacaDuo Smartphone Windows 10 Resmi Diperkenalkan Microsoft di Indonesia

Smartphone ini dirilis bersamaaan dengan seri Lumia 950. Bedanya, Microsoft Lumia 950 XL lebih powerful dan menjadi produk yang akan menarik perhatian kalangan pecinta handset berukuran bongsor. Microsoft Lumia 950 XL menyasar segmen premium dengan spesifikasi high-end. Ingin tahu lebih banyak mengenai ponsel ini? Berikut fitur-fitur yang menjadi andalan Microsoft Lumia 950 XL.

Lumia 950 XL 2Desain Hampir Sebesar Samsung Galaxy Note 5

Microsoft Lumia 950 XL merupakan salah satu smartphone berukuran besar. Memiliki tinggi 151,9 mm dan lebar 78,3 mm yang membuatnya berukuran nyaris sama dengan Samsung Galaxy Note 5. Meski berbodi jumbo, phablet ini tergolong tipis dengan ketebalan 8,1 mm.

Microsoft Lumia 950 XL menawarkan tombol navigasi on-screen. Yups, jadi tak ada tombol fisik kecuali tombol volume dan power yang terletak di sisi bodi. Posisi tombol power ini menyisip di tengah-tengah volume. Bodi belakangnya terbuat dari plastik dan bisa dicopot walaupun baterainya tidak removable.

Display Seluas 5,7 Inci Dilapis Gorilla Glass

Layar seluas 5,7 inci yang dimiliki smartphone Windows 10 Mobile ini sudah diproteksi Gorilla Glass 4. Display OLED-nya mengemas resolusi 1440 x2560 piksel atau kerapatan piksel yang ditanamkan sekitar 518 ppi.

Teknologi Glance Screen besutan Microsoft diterapkan supaya kita bisa menampilkan notifikasi cukup dengan memandangi ponsel tanpa harus menyentuh tombol. Untuk mendapatkan visibilitas optimal dalam kondisi outdoor, Microsoft menyematkan teknologi ClearBlack.

Prosesor Snapdragon 810 Dengan Teknologi Liquid Cooling (Pendingin Cair)

Di bagian jantungnya, Microsoft menggandeng Qualcomm dengan menanamkan chipset Snapdragon 810 berclockspeed 2.0 GHz. Langkah perusahaan ini memang agak controversial mengingat chipset ini ditengarai bermasalah lantaran diterjang isu overheat.

Tapi Microsoft sudah mengantisipasi kemungkinan panas berlebih tersebut dengan mengimplementasikan teknologi liquid cooling atau pendingin cair.Microsoft berkilah teknologi ini terinspirasi dari sistem pendingin yang ditemukan dalam Surface Pro 3. So, kita buktikan saja nanti.

Sayang, Microsoft masih menyembunyikan besaran RAM yang akan dibenamkan pada Lumia 950 XL. Satu hal yang pasti, memori internalnya berukuran 32GB disokong dengan slot memori microSD untuk memori ekstra jika diperlukan.

Mengandalkan Windows 10 Mobile, Continuum dan Hello

Microsoft Lumia 950 XL berjalan di atas sistem operasi Windows10 Mobile. Artinya kita bisa menikmati fitur asisten virtual cerdas besutan perusahaan yang dinamakan Cortana. Fitur lain seperti OneDrive, Skype dan Office sudah jelas terselip di dalam phablet ini. Browser terbaru Microsoft juga dilekatkan menggantikan Internet Explorer.

Tak ada fingerprint scanner dalam phablet ini. Sebagai alternatif, LUmia 950 XL dibenami sistem identifikasi bernama Hello. Masih dalam tahap beta, fitur ini memungkinkan ponsel mencari penggunanya saat diambil dan sistem unlock-nya akan membuka otomatis jika mengenali sang pemilik. Tak perlu menyentuh tombol apapun.

Ada juga Continuum yang membedakan Lumia 950 XL dari phablet lain. Jelasnya, kita bisa menyatukan perangkat ini ke monitor eksternal, keyboard dan mouse untuk desktop PC. Teknologi ini kabarnya sangat praktis. Tapi kita membutuhkan Microsoft Display Dock untuk bisa memakai Continuum.
BacaWindows 10 Mobile Baru Tawarkan Banyak Hal

Lumia-950-XL-gallery-3Kamera 20MP Bisa Merekam Video 4K

Microsoft Lumia 950 XL dikenal dengan kualitas kameranya yang cukup baik. Microsoft berkekuatan 20MP (16:9), optic ZEISS dan image stabilization generasi ke-5. Phablet ini juga memperkenalkan tirple LED flash nan inovatif. Di bagian depan terdapat kamera 5 MP untuk selfie. Sektor video menjadi aspek yang cukup menarik lantaran kamea Lumia 950 XL bisa merekam video resolusi 4K.

Konektivitas dan Baterai

Konektivitas menjadi perhatian Lumia 950 XL. Terdapat dua antenna untuk meningkatkan penerimaan sinyal. Di bagian bawah ditanamkan konektor USB Type-C. Entahlah, namun sepertinya saat ini bakal merepotkan memakai konektor ini karena tidak kompatibel dengan kabel micro USB yang saat ini sudah begitu familiar.

Microsoft Lumia 950 XL sudah mengadopsi kemampuan fast charging. Dengan mengecas selama 30 menit, kita bisa menikmati baterai yang sudah terisi kapasitasnya sampai 50 persen. Phablet ini juga menawarkan kemampuan pengecasan secara wireless. Oh ya, baterainya berkapasitas 3340 mAh.

Sekadar mengingatkan saja, harga Microsoft Lumia 950 XL tidak murah lho. Microsoft akan merilis phablet ini pada November depan dengan banderol sekitar 649 dolar AS. Tak heran, karena seperti disebutkan di atas, ponsel ini menyasar segmen premium.