ArenaLTE.com – Tinggal 1 hari lagi, tepatnya pada tanggal 7 September 2017, Apple akan melahirkan generasi terbaru iPhone 7. Semakin mendekati diluncurkannya ponsel premium andalan Apple ini, berbagai prediksi mengenai apa saja fitur iPhone 7 pun kian santer. Namanya juga masih prediksi atau rumor, bisa saja terbukti, bisa saja tidak.

Nah, dari sekian banyak informasi yang beredar, kami merangkum beberapa fitur iPhone 7 yang benar-benar baru dan kemungkinan akan dihadirkan Apple. Apa saja? Simak ulasan berikut ini:

Desain

Situs Phonearena menyebutkan bahwa desain yang akan diadopsi oleh Apple untuk iPhone 7 adalah perihal warna yang lebih elegan. Kali ini, fitur iPhone 7 dirumorkan akan hadir dengan warna perak dan hitam, terutama pada kapasitas 128GB. Namun, tak sedikit yang menyebutkan bahwa warna matte atau dark hitam, akan menjadi model warna yang menggeser space gray yang pernah dirumorkan sebelumnya.

iPhone 7 terbaru: 4K video capture pada 60 FPS, karet-disegel tray SIM untuk waterproofing & lebih

Nantinya, logo Apple yang biasanya tampil dibelakang bodi ponsel, akan menjadi lebih terang dengan model warna perak mengkilap. Namun, untuk warna mate, ikon ini akan hadir dengan kontur yang lebih dalam dari logo yang hadir sebelumnya.

Waterproof

Melihat Samsung dan Sony yang begitu gencar dalam mendebut ponsel anti air, memang dirasa cukup masuk akal jika Apple pun kepincut untuk menghadirkannya pada iPhone 7. Bahkan, informasi terbaru menyebutkan bahwa generasi ini akan juga dilengkapi dengan ‘baki’ atau slot SIM dengan segel yang dilengkapi karet pada penutupnya. Tentunya, alas pelapis itu dibuat agar pengguna yakin dan menghilangkan khawatir tentang resapan air yang bisa menembus lubang slot SIM tersebut.

Multimedia

Ponsel sekaliber iPhone memang tidak diperuntukkan sebagai perangkat multimedia terbaik. Namun, bukan berarti iPhone 7 tidak bisa memberikan hasil yang maksimal. Kali ini, generasi terbaru tersebut diinformasikan akan memiliki kekuatan multimedia dalam penangkapan video kemampuan 4K, serta hasil penangkapan 60fps. Maka tak salah jika banyak informasi menyebutkan bahwa iPhone 7 akan memiliki kemampuan lebih dari iPhone 6S, dalam perekaman 4K yang hanya mampu menangkap 30fps.

Nah, satu lagi yang tak kalah menarik. Apple juga digosipkan berencana menghilangkan port audio 3,5 milimeter yang selama ini pasti ada di semua ponsel. Sebagai gantinya pengguna bisa memakai Lightning EarPods atau adapter Lightning to 3,5 milimeter. Dengan hilangnya port 3,5mm tersebut, Apple bisa menyematkan alat berkemampuan speaker dan sensor baru untuk Force Touch. Namun dari sisi konsumen, tidak akan bisa lagi memakai sembarang earphone.

Lensa Dual Camera

Kamera ganda di bagian belakang kemungkinan akan menjadi tren. Setelah HTC, LG, dan Huawei, kini Apple juga digosipkan bakal menyematkan kamera ganda sebagai fitur iPhone 7 Plus. Kedua lensa sama-sama menghasilkan ketajaman 12 megapiksel, tapi dengan sudut pandang berbeda. Satu lensa memberikan sudut pandang lebar dengan fitur piksel yang lebih besar, lensa 6P, dan stabilizer optik. Sedangkan lensa lainnya dipakai sebagai tele-photo dengan fitur piksel yang lebih kecil dan lensa 5P. Tentu bakal semakin memanjakan pecinta mobile photography.

Storage

Bukan hanya beragam fitur baru, namun iPhone 7 dan 7S juga diharapkan memiliki varian kapasitas penyimpanan yang lebih banyak. Perangkat ini akan hadir degan ragam penyimpanan sebesar 32, 128, dan 256 GB. Sementara untuk memori, raksasa teknologi asal Cupertino tersebut akan memberikan RAM 3 GB dan sebuah kamera berlensa ganda pada iPhone 7 Plus. Sedangkan iPhone 7 hanya memakai RAM 2 GB dengan kamera biasa.

Tentunya, kapasitas memori penyimpanan dan RAM besar tersebut diperlukan karena melihat kemampuan perangkat yang bisa menangkap video 4K, mengartikan akan membutuhkan storage lebih besar. Selain itu, Apple dikenal tidak tertarik untuk menyertakan slot memori micro SD seperti yang lazim terdapat di smartphone Android.