ArenaLTE.com – Entah itu karena kompleksitas pada layar atau keyboard, menjadikan sosok smartphone sebagai sesuatu yang menyulitkan bagi pengguna usia lanjut. Karena para lansia telah mengalami menurunnya penglihatan dan respon gerak. Untuk menyiasati, beberapa vendor telah merilis ponsel jenis feature phone yang dilengkapi tuts keypad besar dan layar yang jelas dipandang. Tapi bukan rahasia lagi, bila ponsel-ponsel tersebut punya banyak keterbatasan pada sisi fitur. Boleh jadi para pengguna usia lanjut juga mengidamkan smartphone canggih dengan OS Androi atau iOS.

Untuk itu hadir EziSmart, menjadikan smartphone Android kini mudah dioperasikan lewat solusi casing. EziSmart diciptakan oleh Richard Chan, insinyur telekomunikasi Inggris yang bekerja di perusahaan Norwegia. Idenya berawal dari rasa frustasi Richard Chan tentang pengalaman ibunya saat menggunakan ponsel.

EziSmart berupa casing yang dilengkapi fitur keypad dan menutupi sebagian besar layar. Tombol besar dihadirkan untuk membantu navigasi, memungkinkan pengguna dengan keterampilan motorik terbatas untuk menjaga jari mereka di tempat yang tepat. Ketika pengguna ingin mengakses beberapa fungsi lainnya telepon, keypad yang bisa meluncur keluar secara slide out.
Baca juga: Handscape, Casing Canggih Untuk Navigasi iPad dari Back Cover

Selain itu, casing juga dilengkapi dengan tombol panggilan darurat yang bekerja dengan sebuah aplikasi di telepon. Dalam kondisi khusus, secara otomatis lewat casing ini dapat mengirimkan SMS dengan koordinat GPS pengguna untuk dikirimkan ke anggota keluarga. Jika mereka tidak merespon, pesan secara otomatis diteruskan ke layanan darurat lainnya. Chan terinspirasi untuk menambahkan fitur peringatan dini bila sang ibu tertidur lebih dari lima jam, dan langsung mengaktifkan secara otomatis fitur bantuan ke paramedis.

EziSmart kini tengah dikembangkan lebih lanjut dengan menggandeng mitra kelompok riset Norwegia SINTEF untuk mengembangkan teknologi, dan rencana pada pengujian dengan dapat berhasil di negara tersebut. Kabarnya untuk mengumpulkan dana, kampanye di Kickstarter akan diluncurkan akhir bulan ini.