ArenaLTE.com –  Akhir tahun lalu Huawei merilis beberapa varian smartphone P8: versi regular, P8 dengan layar 5,2 inci dan P8 lite berukuan layar 5 inci dengan harga terjangkau dan P8 max yang berukuran raksasa 6,8 inci. Nah, menurut Venture Beat, Huawei berencana merilis suksesor dari masing-masing handset itu untuk tahun ini. Namanya bisa saja Huawei P9, Huawei P9 lite dan Huawei P9max.

Kabar terbaru yang dikutip dari phonearena menyebutkan bahwa empat varian Huawei P9 sedang dalam pembuatan dan berpotensi menjadi produk paling mutakhir yang disiapkan sang vendor. Venture Beat menambahkan jika varian keempat dari Huawei P9 akan menjadi produk dengan fitur terkini. Mengantongi layar lebih lebar dari P9 biasa tapi lebih kecil dari P9 max.

Huawei P9 versi regular diharapkan memiliki layar 5,2 inci, tapi belum ada informasi ukuran layar yang bakal dibenamkan dalam P9max (kemungkinan lebih dari 6 inci). Disebutkan jika Huawei P9 versi paling canggih akan menawarkan RAM berkapasitas besar serta memori internal super lega.

Produk tercanggih dari P9 akan mengusung kamera belakang dual lensa dengan resolusi 12MP. Jika benar adanya, maka akan menjadi smartphone kedua dari Huawei yang mengandalkan dual kamera belakang. Selain Huawei Honor 6 Plus yang pernah meluncur 2014 lalu.

Beberapa waktu lalu, sempat ada diagram yang menampilkan desain dari Huawei P9. Termasuk dua kamera belakang dan tombol home yang sekaligus berfungsi sebagai sensor sidik jari. Desain tersebut bisa jadi akurat jika mengacu pada P9 versi keempat yang dibicarakan Venture Beat. Satu-satunya seri terbaru yang berpotensi menawarkan dua kamera belakang.

Huawei-P9-four-versions-designSetidaknya salah satu model P9 ini akan dipersenjatai prosesor octa core Kirin 950 buatan sang vendor. Semua versi dari smartphone ini juga akan beroperasi dengan Android Marshmallow. Lebih jauh, Huawei disebut-sebut tidak akan mengumumkan P9 series ini di ajang MWC 2016 bulan depan. Vendor ini akan meluncurkan secara terpisah pada sebuah even di bulan Maret nanti.