ArenaLTE.com – Di saat semua smartphone makin besar, satu perusahaan berani menggebrak tren tersebut dengan merilis sebuah perangkat kecil. Adalah Elephone, perusahaan smartphone yang berbasis di Shenzen, Tiongkok memperkenalkan smartphone mungil Elephone Q. Ya, smartphone berbasis Android 4.4.2 KitKat ini sangat mungil jika dibandingkan dengan kebanyakan ponsel Android saat ini. Elephone Q hanya memiliki layar touchscreen 2,54 inci.

Elephone Q memiliki dimensi ukuran 90 x 43 x 11.5mm dan memiliki panel layar sentuh TFT 2,54 inci dengan resolusi 240 x 432 pixels. Q mendapatkan kekuatannya dari chipset 1GHz MediaTek. Selain itu perangkat memiliki kamera dibagian depan dan belakang, slot kartu microSD, dan konektivitas 3G. Baterai 550 mAh miliknya hanya kuat untuk 4 jam waktu bicara dan waktu standby 110 jam. Tentu saja dengan ponsel berukuran semungil ini, tidak bakal cukup untuk menampung berkapasitas besar yang biasanya membutuhkan ruang lebih besar.

Demi merampingkan ukuran agar super mungil, ada banyak hal yang dikorbankan. Fitur-fitur Elephone Q menjadi sangat terbatas, dan tidak ada kejelasan mengenai RAM didalam perangkat. Konektivitasnya pun hanya sebatas 3G WCDMA dan belum mendukung 4G LTE. Sehingga kami menduga kemampuannya tidak akan terlalu impresif.

Elephone Q

Elephone Q dibanderol dengan harga $ 80 atau di kisaran Rp1 jutaan. Sayangnya, belum ada kepastian kapan ponsel ini akan dirilis. Sekadar informasi, selain di China dan Hongkong, peredaran produk-produk Elephone saat ini sudah menjelajah di Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Mereka mengklaim volume penjualan tahunan mencapai lebih dari 10 juta unit.