ArenaLTE.com – Perusahaan teknologi jaringan asal Taiwan Edimax memperkenalkan produk terbarunya access point yang termasuk dalam jajaran perangkat Pro Series. Perangkat dengan tipe Edimax WAP 1750 ini diklaim menjadi solusi nirkabel premium yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada perusahaan atau usaha kecil dan menengah (UKM).

Sarki Gunawan, Presiden Direktur Edimax Indonesia, mengatakan Edimax WAP 1750 merupakan perangkat yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas pebisnis. Peranti ini diklaim menghadirkan performa dengan daya jangkauan yang luas, sensitivitas tinggi, mobilitas yang mulus dan roaming cepat. Untuk keperluan bisnis yang menuntut keamanan, fleksibilitas dan kecepatan, perangkat ini disebutkan memiliki berbagai macam aplikasi potensial dari lingkungan kantor ke sekolah-sekolah, kampus, hotel dan rumah sakit.

“Edimax Pro series dirancang untuk membantu bisnis dan memberikan konektivitas yang bisa diandalkan setiap hari. Dengan jaminan keamanan dan efektivitas, Edimax WAP1750 menawarkan kinerja nirkabel tingkat tertinggi di pasar saat ini,” kata Sarki Gunawan dalam siaran pers yang diterima ArenaLTE.com (17/9/2015).

Fitur Edimax WAP 1750

Edimax WAP 1750
Edimax WAP 1750

 

Dijelaskan lebih lanjut, Edimax WAP 1750 memiliki fitur terbaru 3 x 3 IEEE teknologi 802.11ac untuk akses nirkabel dual-band yang menghadirkan kecepatan hingga 1750Mbps. Edimax WAP 1750 dibangun dengan desain wall-mounted grade industri. Pengoperasian mudah (user friendly) dan set fitur yang luas.

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah mendukung beberapa SSID (jaringan hotspot Wi-Fi) yang dikonfigurasi untuk departemen berbeda atau berdasarkan kelompok pengguna. Misalnya, di kantor bisa membuat beberapa hotspot Wi-Fi sekaligus dengan SSID marketing, desain, teknis, guest, dan sebagainya. Selain itu, terdapat server RADIUS built-in yang memberikan verifikasi tambahan dengan AP arsitektur array yang terukur untuk manajemen pusat dari beberapa access point.

Access point ini memiliki kapasitas high-density hingga 100 user client secara simultan (50 user untuk frekuensi 2.4 GHZ dan 50 pada frekuensi 5Ghz). Sehingga dianggap ideal untuk tempat kerja yang mendukung solusi BYOD (Bring Your On Devices) atau lingkungan lain dengan volume user dan perangkat nirkabel yang tinggi.

Fitur lainnya adalah dukungan Power over Ethernet (PoE) dan antarmuka manajemen berbasis web yang intuitif. Memberikan fleksibilitas penyebaran dan pilihan manajemen yang luas untuk departemen MIS (management information system) dan administrator jaringan di perusahaan. Selain itu, perangkat ini juga menyediakan cover keamanan opsional yang mencegah pencurian atau gangguan fisik, bersama dengan fungsi rogue AP detection untuk menjaga jaringan dari akses yang tidak sah.

Harga Edimax WAP 1750

Perangkat ini telah tersedia di berbagai jaringan toko retail komputer maupun di situs belanja online paziashop.com, Lazada.co.id, dan Bhinneka.com dengan harga Rp. 6,195,000.00. Sarki Gunawan mengungkapkan selain tipe Edimax WAP1750, EDIMAX juga memiliki produk lain di jajaran Edimax PRO yakni tipe Edimax CAP 300 yang cocok untuk solusi IT di UKM dengan harga terjangkau. Bedanya, perangkat ini dapat digunakan secara bersamaan oleh 50 user dan support sampai dengan 16 SSID sehingga harganya pun lebih murah.