ArenaLTE.com – Toyota Motor, Komeda dan KDDI pada bulan September lalu telah mengembangkan sebuah aplikasi di smartphone yang disebut Driving Barista, aplikasi ini dirancang untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas di Prefektur Aichi, Jepang, yang disebabkan oleh pengemudi menggunakan smartphone mereka saat mengemudian kendaraan.

Driving Barista bisa disebut sebagai inisiatif bersama untuk solusi keselamatan berlalu lintas yang melibatkan aplikasi di smartphone. Yang unik dari proyek ini Driving Barista melibatkan sosok perusahaan mobil Toyota, perusahaan komunikasi KDDI, dan perusahaan penyedia makanan dan minuman Komeda. Sebagai latar belakang, selama tiga belas tahun berturut-turut, Prefektur Aichi memiliki tingkat kematian tertinggi terkait lalu lintas di Jepang. Selain itu, ada juga 50.101 penangkapan yang melibatkan penggunaan smartphone saat mengemudi, dan kecenderungan pelanggan dan kecelakaan akibat smartphone terus bertambah.

Baca :
Memilih 9 Aplikasi Chatting Terbaik Berdasarkan Fungsinya
Daily Mix, Fitur Putar Playlist Tiada Akhir di Aplikasi Spotify

Dikutip dari situs Telecomasia.net, Aplikasi Driving Barista hanya dapat digunakan dalam Prefektur Aichi. Aplikasi ini menggunakan sensor gyro untuk merasakan kemiringan bodi smartphone, dan GPS untuk menentukan jarak dorong, aplikasi ini mengukur jarak pengemudi yang telah mendorong sementara jarak kemudi akan menjauh ketika posisi smartphone diturunkan. Ketika jarak kumulatif mencapai 100 km, pengemudi dapat menerima kupon untuk secangkir kopi mix atau es di Komeda Coffee Shop.

Hasil gambar untuk driving barista

Menurut sebuah survei, sekitar 60 responden mengatakan mereka menggunakan smartphone saat mengemudi, lebih detail lagi survei juga menyebut bahwa setengah dari responden tersebut hanya menjaga satu tangan di roda kemudi. Oleh karena itu, perusahaan berharap bahwa aplikasi baru akan meningkatkan kesadaran pengemudi untuk tidak menggunakan smartphone saat mengemudi.

“Kami telah melaksanakan kegiatan pendidikan untuk mencegah penggunaan smartphone saat mengemudi, dan kami berharap bahwa inisiatif diantara tiga perusahaan akan membantu memecahkan masalah yang dihadapi prefektur Aichi. Kami mengembangkan aplikasi smartphone Driving Barista sebagai cara yang menyenangkan untuk membantu mencegah kecelakaan lalu lintas,” kata Akira Dobashi, direktur program CSR dan lingkungan di KDDI.