ArenaLTE.com – Ini mungkin merupakan kejadian yang pertama di dunia. Sebuah smartphone yang bahkan belum mulai dijual dipasar namun custom ROM nya sudah tersedia. Ketika diluncurkan akhir November lalu, smartphone 4G LTE Axioo Venge dan Axioo Venge X memberikan kebebasan bagi penggunannya untuk melakukan modifikasi dan “Root” smartphone mereka tanpa harus khawatir menghilangkan garansi. Axioo bersama bersama dengan developer-developer lokal membentuk wadah kreatif komunitas developer lokal yang diberi nama NusaMOD untuk membuat Custom ROM Nusamod khusus produk Axioo Venge Series.

Custom ROM sendiri merupakan modifikasi sistem operasi Android yang cukup ekstrim. Memberikan warna dan kebanggaan tersendiri bagi penggunanya karena mereka memiliki smartphone dengan tampilan yang berbeda dengan fitur yang sedikit berbeda dibanding sistem operasi bawaannya. Axioo Venge series melakukan Pre-Order mulai tanggal 2 Desember 2015, tetapi custom ROM Nusamod nya sudah beredar di Internet.

“Venge series ini dirancang secara detail dengan teknologi termutakhir di kelasnya guna mengakomodir berbagai kemungkinan yang tak terbatas. Kami tidak menganjurkan untuk di-root. Tapi bila pengguna melakukannya, garansinya tidak akan hilang,” ujar CEO Axioo Samuel Lawrence
Baca Juga : Axioo resmi luncurkan smartphone 4G LTE Axioo Venge Series

Antonius Fran Setiawan, Senior Developer NusaMOD ketika ditemui ArenaLTE.com pada peluncuran Axioo venge Series beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa Indonesia sebagai salah satu pasar Android yang cukup besar, selama ini memiliki banyak developer custom ROM, namun belum banyak yang memberikan warna dan budaya Indonesia ke dalam ROM buatannya, untuk itulah NusaMOD ada.

NusaMod adalah firmware aftermarket untuk beberapa smartphone berbasis system operasi Android mengumumkan bahwa mereka telah membuat custom ROM untuk Axioo Venge. NusaMOD mengembangkan custom rom untuk venge dengan basis stock kernel dan AOSP, serta UI yang ringan dan fitur yang lebih lengkap.

“Kami ingin mengumpulkan rekan-rekan developer lokal untuk berkarya dan membuat Custom ROM ala Indonesia. Saat ini NusaMOD masih dalam fase Alpha, fase yang masih sangat prematur untuk bisa disebut sebagai Custom ROM yang stabil dan bagus,” ujarnya

custom ROM nusamodProses pengembangan Custom ROM NusaMOD

Custom ROM NusaMOD alpha2 dikembangkan menggunakan basis AOSP dengan perangkat yang digunakan adalah Axioo S1L, dan Axioo Picophone X1. Ke depan, NusaMOD tidak hanya bisa dipasang di kedua smartphone itu saja, melainkan ke semua jenis smartphone berbasis Android, untuk itu tim developer berharap akan banyak developer ROM ikut bergabung dan bekerja bersama-sama mengembangkan NusaMOD.

NusaMOD mencanangkan perkembangan melalui beberapa tahapan. Tahap I, NusaMOD akan dikembangkan berdasarkan stock kernel dan stock ROM yang dimodifikasi dan dibersihkan dari bloatware. Tahap II, Mengembangkan User Interface yang ringan namun indah serta mudah digunakan. Tahap III, Mengembangkan custom kernel untuk optimalisasi kinerja ROM, namun diharapkan Frameworknya masih bisa bekerja dengan menggunakan stock kernel

“NusaMOD saat ini sedang dalam fase awal pengembangan User Interface dan Framework, dalam versi alpha NusaMOD masih menggunakan basis AOSP untuk User Interface dan Frameworknya. Versi beta dan rilis versi 1 diharapkan akan berjalan di seri Axioo terbaru yaitu Venge. “Custom ROM NusaMOD untuk venge kini sudah dapat didownload di http://nusamod.com/. Di Venge, Custom ROM NusaMOD menggunakan User Interface dan Framework baru yang akan menjadi ciri khas dari NusaMOD,” jelas Antonius Fran Setiawan.