ArenaLTE.com – Coolpad sepertinya tak mau menyia-nyiakan momentum liburan Natal dan Tahun Baru. Tanpa banyak basa-basi, vendor Tiongkok ini kembali merilis seri baru bernama Coolpad Rise. Smartphone ini membidik pasar entry level dengan banderol IDR 1.499.000. Menariknya, smartphone murah meriah ini sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Handset 4G LTE mulai mendapat perhatian dari masyarakat seiring dengan komersialiasi layanan yang digeber sebagian besar operator Tanah Air. Coolpad Rise berupaya menangkap trend yang tengah terjadi dengan menyisipkan dukungan terhadap layanan internet super cepat ini.

Soal desain, Coolpad mengemas smartphone ini dengan material yang cukup terjaga mutunya. Meski dibanderol murah, perusahaan tetap berusaha memberikan sentuhan logam pada bagian frame Coolpad Rise. Sementara casingnya mengusung bahan plastik polikarbonat dengan tekstur ‘baby skin’. Coolpad mengklaim material ini nyaman digenggam karena anti keringat, anti debu dan anti kotor.

Coolpad Rise menawarkan bentang layar seluas 5 inci dengan dukungan teknologi IPS One Glass Solution (OGS). Secara kualitas menawarkan tampilan yang cukup baik dan mampu menerima pantulan sinar matahari. Tapi sayang, smartphone ini hanya menyuguhkan resolusi sekelas qHD (960×540 piksel).

Soal fotografi, Coolpad Rise menawarkan kamera utama beresolusi 5MP berfitur auto fokus. Kemudian di bagian depan tertanam kamera selfie yang resolusinya 2MP didukung fixed focus. Di sisi kamera terdapat menu profesional yang bisa anda fungsikan layaknya kamera manual. Di sektor depan untuk selfie, kameranya didukung Smile Shoot dan Voice Capture.

Dapur pacu Coolpad Rise disuntik Mediatek MTK6582 Quad-Core berclockspeed 1.3 GHz. Jaringannya pun sudah 4G LTE, sehingga anda bisa merasakan jaringan tercepat dengan maksimum download 150 Mbps plus upload 50 Mbps. Untuk RAM, sudah dibenamkan memori sebesar 1GB sementara ROM sebesar 4GB.

Beberapa fitur unggulan disisipkan dalam Coolpad Rise. Mulai dari wake up gesture serta shortcut. Seperti pada posisi standby anda cukup menulis huruf “M” pada layar smarphone maka akan langsung menuju ke Play Musik, “E” menuju ke internet browser, “C” menuju ke Call atau menelpon.

Jika bicara baterainya, Coolpad Rise tak terlalu impresif lantaran hanya mengandalkan penunjang daya berkapasitas 2000 mAh. Lantaran tidak mengedepankan desain unibodi, kita bisa mencopot baterai smartphone ini.

Oh ya, Coolpad Rise sudah mendukung dua slot SIM card dan slot SD card dengan kapasitas hingga 32GB. Selama masa promosi, Coolpad Indonesia menawarkan bonus menarik. Harga Coolpad rise dibanderol IDR 1.499.000 dengan bonus microSD 8GB.

Spesifikasi Coolpad Rise (type A116)

Warna: Color White, gold frame
Jaringan: GSM B2/B3/B8(1900/1800/900MHz), WCDMA B1/B8(2100/900MHz)
Dimensi: 142.5×72.5×9.0 mm
Display: 5.0 inci, qHD,960×540, IPS OGS
Prosesor: MTK6582M quad core 1.3GHz
Sistem operasi: Android 4.4
Kamera: Camera 2MP (FF) + 5MP(AF)
Memori: 4GB ROM(Up to 32G)+ 1GB RAM
Konektivitas: SIM Dual, Bluetooth, GPS/AGPS, WIFI
Baterai: 2000mAh