ArenaLTE.com – Setelah menggebrak Tanah Air pertengahan tahun lalu menelurkan sekitar 8 seri, Coolpad segera mendaratkan flagship terbarunya di 2016. Adalah Coolpad Max A8 yang digadang-gadang menjadi senjata baru mereka di garis depan.

Nama Coolpad Max A8 memang belum resmi, tapi saya sudah mendapat sedikit bocoran bagaimana bentuk dan spesifikasi seri ini. Catatan saja, pada bagian About Phone di Setting tertulis nama perangkat: Coolpad A8 dan nomor model: Coolpad A8. Kemudian dari penyelidikan saya, ponsel ini memiliki kesamaan dengan Coolpad Max yang rilis di Tiongkok beberapa waktu lalu. So, untuk sementara saya menyebutnya dengan nama Coolpad Max A8.

Jpeg

Seri ini sendiri bakal menjumpai publik Indonesia awal bulan depan. Hal itu dikonfirmasi langsung petinggi Coolpad Indonesia dalam hands on flagship terbarunya yang dihelat di restoran Seribu Rasa, Jakarta baru-baru ini (28/4). Dengan kehadiran Coolpad Max A8, sang vendor terlihat sangat serius menggedor pasar smartphone negeri ini.

Jika ditelisik, Coolpad Max A8 memiliki kemiripan dengan Coolpad Fengshang Max A8-930 yang meluncur di Tiongkok November tahun lalu. Setidaknya, Coolpad Max A8 membidik segmen menengah atas dengan dukungan spesifikasi cukup tinggi seperti RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Jpeg

Di sektor jalur data, memang belum didapat informasi detil seputar kemampuannya. Namun, mengacu pada artikel yang pernah diposting ArenaLTE, Coolpad Max versi Tiongkok digadang-gadang mengandalkan fitur dual SIM card dengan dukungan 4G voLTE.

Apakah seri yang masuk Indonesia punya kemampuan serupa, kita tinggal berharap saja. Lepas dari itu, Coolpad Max A8 mengusung tampilan cukup premium bercasing full aluminium. Ponsel ini membenamkan layar seluas 5,5 inci yang ditunjang resolusi full HD (1080×1920 piksel).

Coolpad Max versi Tiongkok menanamkan chipset octa core 64-bit Qualcomm Snapdragon 615 berkode MSM8939 yang memiliki clockspeed 1.7 GHz. Beda tipis dengan Coolpad Max A8 karena mengusung chipset octa core Snapdragon 617 MSM8952 dengan clockspeed 1.5GHz. Chipset ini mendukung LTE Category 7 yang memiliki kecepatan download 300Mbps dan upload 100Mbps, jadi masuk akal jika sudah mendukung voLTE.

Tak ketinggalan pengolah grafis Adreno 405 disisipkan untuk meningkatkan performa saat bermain game atau menonton video full HD. Sayang, Coolpad Max A8 masih menanamkan OS Android 5.1 Lollipop. Perusahaan masih belum mengkonfirmasi apakah smartphone ini juga akan menyediakan update ke Android Marshmallow.

Coolpad Max mematri kamera berkekuatan 5MP untuk selfie dan kamera belakang 13MP kamera yang sudah disokong double flashlight. Nah, di kamera utama pula dibekali dengan teknologi PDAF (Phase Detection Auto Focus) guna menjaga kestabilan ketika menangkap gambar, lebih cerah saat memotret di malam hari, juga memudahkan mengatur focus gambar yang di inginkan.

Jpeg

Oh ya, Coolpad Max A8 memiliki teknologi fingerprint sensor yang posisinya di belakang bodi. Menariknya, menurut bocoran dari Coolpad Indonesia, sektor keamanan ini bisa merekam dan mengarahkan pada dua profile smartphone yang berbeda. Sehingga dapat menjaga privasi kerahasiaan anda. Mereka menyebutnya ‘Dual Space’.

Harga Coolpad Max dipatok sekitar 423 dolar AS atau IDR 4,23 juta (kurs 10000). Jadi kita bisa berandai-andai, kalau Coolpad Max A8 bakal masuk ke Indonesia dengan banderol di kisaran IDR 4-5 jutaan. So, buat yang penasaran harap sedikit bersabar, tinggal menunggu hitungan hari saja seri ini masuk Indonesia.