ArenaLTE.com – Berbagai rumor yang menyebutkan BlackBerry akan merilis smartphone Android kini terjawab sudah. Dalam laporan hasil kuartal kedua fiskal 2016, perusahaan mengumumkan akan merilis smartphone bernama BlackBerry Priv. Kehadiran ponsel berbasis Android ini sekaligus mematahkan rumor bahwa ponsel ini akan memakai nama BlackBerry Venice.

John Chen, Executive Chairman dan Chief Executive Officer BlackBerry yakin pada strategi dan peningkatan berkesinambungan yang dilakukan perusahannya. Hal ini menurutnya tergambar pada empat kuartal berturut-turut dari tahun ke tahun dengan pertumbuhan dua digit dari pendapatan lisensi perangkat lunak dan enam kuartal berturut-turut mendapatkan arus kas bebas positif. “Dalam rangka memperluas kepemimpinan kami di perangkat lunak dan layanan multi-platform, kami berinvestasi  secara strategis dan organik melalui produk dan layanan baru yang tersedia pada platform BES,” ujar John Chen dalam pernyataan resminya.

Lebih lanjut, Chen menandaskan bahwa pada saat yang sama, pihaknya fokus untuk membuat kemajuan lebih cepat untuk mencapai profitabilitas dalam bisnis handset kami. “Hari ini, saya memberikan konfirmasi terhadap  rencana kami untuk meluncurkan BlackBerry Priv, perangkat Android yang kami namakan berdasarkan warisan dan misi penting BlackBerry untuk melindungi privasi pelanggan kami. BlackBerry Priv menggabungkan yang terbaik dari sistem keamanan BlackBerry dan produktivitas dengan ekosistem aplikasi mobile yang besar  yang tersedia pada platform Android,” lanjut Chen.

BlackBerry Priv menganut sistem slider / bergeser seperti yang pernah diterapkan , yang diklaim menyatukan yang terbaik dari sistem keamanan BlackBerry dan produktivitas dengan ekosistem aplikasi mobile pada platform Android. Dalam kombinasi dengan upaya BlackBerry untuk mendukung Android for Work pada platform BES12, perangkat baru ini akan menawarkan sistem keamanan terbaik di kelasnya untuk pengguna enterprise.

BlackBerry mengharapkan perangkat ini akan tersedia pada akhir tahun 2015 ini di pasar-pasar utama di toko-toko dan secara online dan akan mengeluarkan pengumuman lebih detil di beberapa minggu ke depan.

Meski akan menyiapkan smartphone berbasis Android, BlackBerry tidak akan meninggalkan sistem operasi yang selama ini dibesarkannya yaitu BB OS 10. Perusahaan akan terus mengembangkan dan meningkatkan sistem operasi BlackBerry 10 dan memberikan konfirmasi atas rencana untuk merilis update platform yang berfokus pada peningkatan keamanan dan privasi, dengan versi 10.3.3 dan dijadwalkan akan tersedia Maret 2016. Konfirmasi ini sekaligus menampik rekomendasi dari analis yang menginginkan untuk lebih fokus di Android dengan meninggalkan sistem operasi BlackBerry OS.

Comments

  1. […] ArenaLTE.com – BlackBerry telah mengumumkan kehadiran smartphone berbasis Android, BlackBerry Priv pada bulan September lalu. Disebut-sebut ponsel BlackBerry Priv akan menjadi flasgship perusahaan pada kuartal pertama tahun 2016. Setelah diumumkan kehadirannya oleh CEO BlackBerry John Chen, mulai terungkaplah spesifikasi dari smartphone berdesain slide up tersebut. Baca: BlackBerry Priv, Smartphone BlackBerry Rasa Android Akan Diluncurkan Tahun Ini […]

  2. […] Dalam halaman registrasi pembelian Blackberry Priv, smartphone ini diklaim mendukung berbagai teknologi terkini dan dikemas dalam desain ergonomis dan ultra tipis serta keyboard yang ditunjang teknologi SmartSlide. Beberapa fitur yang diungkap di halaman pre-registration tersebut antara lain layar dual curved berdiagonal 5.4 inci. Kemudian baterai berkapasitas 3410 mAh yang menurut saya sudah cukup menjanjikan. Baca: BlackBerry Priv, Smartphone BlackBerry Rasa Android Akan Diluncurkan Tahun Ini […]