ArenaLTE.com – Regulasi baru mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat 4G, ternyata juga tidak hanya berlaku di Indonesia. Beberapa negara lain pun kini ikut menerapkan aturan main TKDN ini, seperti halnya India yang kini mernerapkan TKDN 30 persen untuk semua produk smartphone yang akan dijual di negerinya termasuk pemain besar seperti Apple.

Aturan TKDN baru yang akan ditetapkan oleh Pemerintah India ini, memang sebagai salah satu usaha pihaknya untuk mempromosikan ‘Made in India’. Kampanye yang tengah digencarkan Pemerintah ini diharapkan juga bisa melahirkan produk yang diproduksi dari negerinya langsung.

Seperti dilansir dari laman Phonearena, Tim Cook, CEO Apple mengutarakan bahwa pihaknya memang berminat untuk membuka Apple Store di India, hal itu diutarakannya saat bertemu dengan Perdana Menteri India, Narenda Modi beberapa waktu lalu.

Konsekuensi dibukanya Apple Store memang sejalan dengan yang diutarakan oleh Pejabat berwenang India, karena jika hal itu tidak dilakukan tentu pilihan lainnya adalah Apple harus mengikuti aturan TKDN 30% untuk semua produknya yang akan di jual di India.

Regulasi TKDN 30 persen yang akan diterapkan Pemerintah India, dikabarkan juga memang sedang dalam penggodokkan sebagai unda-undang baru. Langkah peresmian undang-undang ini, diharapkan juga berlaku untuk semua pemain ponsel di India, bahkan termasuk Apple yang tercatat memiliki pasar yang cukup besar di wilayah tersebut.

Seiring dengan berjalannya pengesahan undang-undang TKDN ini, diinformasikan juga bahwa Apple tengah berusaha untuk memproduksi iPhone di India. Pihak perusahaan dikabarkan mengandalkan Foxcon untuk mengambil langkah ini, proses penandatanganan pun dikabarkan sedang berlangsung atas pembangunan pabrik perakitan di negeri ini dan juga tercatat sebagai langkah perusahaan memenuhi aturan TKDN 30 persen yang akan diterapkan Pemerintah setempat.

India adalah pasar yang cukup penting bagi Apple, dalam laporan perusahaan tercatat bahwa dalam kuartal kedua fiskal penjualan produk iPhone di negeri ini meningkat sebsar 56% setiap tahunnya. Negeri ini juga dilaporkan memiliki peningkatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan negeri lainnya, termasuk di wilayah Amerika Serikat sendiri.