ArenaLTE.com – Setelah rumor yang menyelimuti selama berbulan-bulan, akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Dalam sebuah event yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat (7/9/2016), Apple resmi meluncurkan generasi terbaru Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Raksasa teknologi yang bermarkas di Cupertino ini menyebut Apple iPhone 7 adalah smartphone paling canggih yang pernah dibuatnya. Ponsel ini dikemas dengan inovasi unik untuk meningkatkan penggunaannya sehari-hari.

“iPhone 7 dan iPhone 7 Plus secara dramatis meningkatkan setiap aspek pengalaman mencapai tingkat inovasi dan presisi yang baru. Menjadikannya sebagai iPhone terbaik yang pernah dibuat,” kata Philip Schiller, wakil presiden senior Apple Pemasaran Worldwide, saat peluncuran. iphone-7-ios

Fitur Apple iPhone 7

Generasi terbaru iPhone ini dibekali sejumlah fitur canggih. Desain eksterior mengalami perombakan dengan mendesain ulang tombol Home menjadi Force Touch yang lebih sensitif dan responsif. Tombol “Home” yang memakai metode mekanik dan sudah menjadi ciri khas iPhone dihilangkan. Diganti dengan Taptic Engine yang akan memberi respon balik saat ditekan.

Dan seperti bocoran rumor yang beredar, iPhone untuk pertama kalinya dibekali kemampuan anti-air dan anti-debu dengan sertifikasi IP67 yang berarti tahan debu serta guyuran air hingga kedalaman maksimal satu meter. Apple kali ini bukan trend setter, namun follower karena Sony yang telah melakukan terobosan ini dilanjutkan dengan Samsung.

Bocoran berikutnya yang terbukti benar adalah dihilangkannya port audio 3,5mm yang selama ini sudah menjadi fitur wajib ponsel dari paling murah sampai paling mahal. Jika ingin memakai earphone, bisa secara nirkabel atau mencolokkan ke port Lightning yang selama ini untuk charge baterai. Meski dihilangkan, Apple tetap menyediakan adaptor audio 3,5 mm untuk earphone pada paket pembelian iPhone 7 bagi pengguna yang belum bisa move on.

Mengapa port audio 3,5mm dihilangkan? Karena Apple memperkenalkan aksesori baru yaitu AirPods yang merupakan sepasang headphone yan bekerja tanpa perlu terhubung ke kabel (nirkabel). Jikalaupun tidak memakai headphone, suara yang dikeluarkan dari speaker juga lebih detail dan jernih karena speakernya ada dua (stereo).iphone-7-camera

 

“Kamera didesain ulang sepenuhnya agar bisa mengambil foto dan video yang luar biasa baik di siang ataupun malam hari,” jelas Schiller. Lensa kamera 12 MP sekarang sudah memakai OIS (Optical Image Stabilizer), lensa enam elemen, serta Quad LED True Tone Flash yang bakal menghasilkan gambar lebih natural pada malam hari. Saat ini smartphone premium kebanyakan masih memakai Dual LED Flash. Sementara itu kamera depan yang digunakan untuk selfie atau FaceTime memakai resolusi 7 MP diserta stabilisator gambar.

Schiller mengklaim sensor kamera baru pada Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini 60 persen lebih cepat dan 30 persen hemat energi. Kemampuan kamera didukung image processor baru yang menggunakan machine learning untuk membaca layar, mengatur fokus, exposure, dan warna gambar secara otomatis. Sistem operasi iOS 10 di iPhone 7 juga mendukung format RAW agar bisa diedit lebih maksimal.

Kabar baiknya lagi, dan ini sesuai dengan rumor yang beredar, varian iPhone 7 Plus dibekali dengan lensa ganda. Keduanya memakai sensor 12 megapiksel di mana lensa utama memberikan sudut pandang lebar dengan fitur piksel yang lebih besar. Sedangkan lensa kedua untuk telephoto yang hasilnya seperti mengakomodir dua kali optical zoom serta sepuluh kali software zoom. 

 

Apple iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dibekali dengan prosesor A10 teranyar yang diklaim dua kali lebih cepat dibanding A8, namun lebih hemat energi. Begitupun dengan konektivitasnya yang mendukung teknologi LTE terkini. Kedua ponsel tersebut mendukung sampai 25 band LTE yang tersedia saat ini, sehingga Apple mengklaim sebagai perangkat yang mendukung roaming terbaik di dunia. Ponsel ini telah mendukung LTE Advanced yang tiga kali lebih cepat dibanding iPhone 6 atau bisa mengunduh data hingga 450 Mbps.

 

Dengan fitur dan spesifikasi iPhone 7 yang mumpuni tersebut, sudah jelas jika harganya tidak akan murah. iPhone 7 dipasarkan mulai harga USD 649 atau sekitar Rp 8,5 juta. Sedangkan iPhone 7 Plus dibanderol mulai USD 769 atau IDR 10 jutaan. Kedua ponsel premium tersebut tersedia dengan pilihan memori penyimpanan 32 GB, 128 GB dan 256 GB dengan pilihan warna hitam, abu-abu, silver, gold, dan rose gold.

 

 

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mulai tersedia di sejumlah negara maju mulai 16 September mendatang. Indonesia kapan? Jangan harap bisa menikmati dengan cepat. Karena sampai sekarang iPhone 6S dan iPhone 6S Plus saja masih belum beredar secara resmi. Karena Apple masih terkendala TKDN.