ArenaLTE.com – Setelah berbagai rumor yang merebak seputar keberedaan tablet iPad berukuran ekstra lebar, Apple mengkonfirmasi kebenarannya dengan merilis iPad Pro. Tidak seperti iPad original yang layarnya berukuran 9,7 inchi, iPad Pro ini memiliki layar Retina Display 12,9 inci yang mengandung 5,6 juta piksel yang berarti sudah seukuran laptop. Layarnya memiliki resolusi 2732 x 2048 piksel dengan tingkat kepadatan mencapai 264ppi.

Tak hanya itu, Apple iPad Pro menggeber chip 64-bit A9X yang performanya bahkan bisa diadu dengan sebagian besar PC portabel. Meski termasuk bongsor, namun tablet ini cenderung tipis (ketebalan 6,9 mm) dan ringan. Dengan kamera iSight 8-megapiksel di bagian belakang dan 1,2 megapiksel kamera FaceTime di bagian depan, iPad Pro bisa melakukan filter, mode burst dan menampilkan capture video HD 1080p.

iPadPro-34-AllColors_iOS9-LockScreen-PRINTSatu hal yang cukup menarik dari rilis iPad Pro ini adalah Apple juga mengumumkan Apple Pencil, sebuah perangkat input yang cukup presisi dan dijual terpisah atau sebagai aksesoris. Ini cukup menggelikan karena dulu ketika merilis iPhone untuk pertama kali, mendiang Steve Jobs menyindir kinerja stylus yang buruk. Pendiri Apple tersebut mengklaim bahwa stylus terbaik di muka bumi adalah jari tangan yang langsung berinteraksi dengan layar sentuh.

Namun Jobs tak menyadari perkembangan stylus yang cukup pesat. Dibuktikan dengan kompetitornya Samsung yang merilis jajaran Galaxy Note yang seolah menjadi antitesis iPhone karena menyertakan stylus. Namun kualitas stylus pen jauh berbeda dengan era PDA, karena cukup presisi dan nyaman digunakan serasa melukis di kanvas sehingga menjadi primadona baru.

Keberadaan Apple Pencil ini memiliki fungsi senada dengan S Pen milik Samsung. Bisa digunakan untuk aktifitas seperti menggambar dan membuat sketsa menjadi lebih dinamis dan natural. Bahkan subsistem sentuh pada display Multi-Touch didesain ulang secara khusus untuk bekerja dengan Apple Pencil.

Keberadaannya dibutuhkan untuk meningkatkan akurasi untuk ilustrasi atau desain 3D yang membutuhkan detil tinggi. Apple Pencil bisa bekerja dengan berbagai aplikasi popular seperti Mail, Notes, Procreate dan Office 365 untuk iPad.

Dukungan Smart Keyboard terbaru dari Apple menambah kelengkapan aksesori untuk Apple iPad Pro. Sebuah keyboard ramping dengan desain berdaya tahan tinggi yang bisa dibawa kemana saja. Smart Keyboard ini juga dijual secara terpisah dan bisa terkoneksi lewar port Smart Connector pada Apple iPad Pro. Memangkas kebutuhan terhadap baterai terpisah, on/off switch atau pairing Bluetooth. Dengan keberadaan smart keyboard, rasanya kita tidak perlu lagi membawa laptop untuk bepergian karena semua sudah terpenuhi di Apple iPad Pro.

“Apple iPad Pro adalah iPad dengan teknologi paling canggih dan powerful yang pernah kami buat. Cantik dan memiliki Retina display 12,9 inci dengan 5,6 juta piksel dan menyediakan pengalaman konten dan aplikasi yang lebih mengasyikkan. iPad Pro adalah perangkat iOS tercepat yang pernah dibuat,” ujar Philip Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple.

Apple iPad Pro ditenagai dengan chip A9X chip yang mampu bersaing dengan PC baik untuk tugas berbasis CPU mapun grafis. Juga dilengkapi empat audio speaker nan powerful dengan suara stereo jernih dan kaya. Bodinya berkonsep unibodi terbuat dari anodized aluminum sehingga solid tapi ringan.

Apple iPad Pro dipasarkan 799 dolar AS untuk versi 32GB dengan Wi-Fi dan 1079 dolar AS untuk versi Wi-Fi + seluler 128GB. Hadir dalam tiga model cantik dengan finishing metal warna silver, gold dan space gray. Tablet ini segera dipasarkan November. Sementara Apple Pencil dilepas seharga 99 dolar AS dan Smart Keyboard dibanderol 169 dolar AS.

Comments

  1. […] Kamu juga pasti penasaran lho dan pasti penasaran ingin sekaligus memboyong keyboard seharga 170 dolar AS dan pensil seharga 100 dolar AS. Dua piranti tambahan ini adalah keyboard tablet dan stylus pertama buatan Apple yang membuat iPad Pro menjadi terlihat lebih canggih. Lebih dari itu, Apple juga sudah mempersiapkan tablet versi LTE yang juga segera tersedia dalam waktu dekat. Baca: Apple iPad Pro Pamer Retina Display 12,9 Inci […]