ArenaLTE.com – Untuk kesekian kali, WhatsApp terus memberi peringatan bahwa akan meninggalkan OS Symbian. Dan kabar terbaru, aplikasi instant messaging dan VoIP milik Facebook ini merilis informasi pasti jika pada 31 Desember 2016 WhatsApp benar-benar akan ‘pergi’ dari OS Symbian.

Artinya dalam waktu kurang lebih 5 bulan dari sekarang, para pengguna Symbian terpaksa harus beralih ke smartphone lain jika ingin masih menggunakan layanan tersebut.

“Sayang sekali, Anda tidak akan bisa menggunakan WhatsApp setelah tanggal 31/12/2016 karena WhatsApp tidak akan mendukung ponsel yang Anda miliki,” demikian bunyi pesan yang dikirmkan WhatsApp sebagaimana dilansirUbergizmo.com( 12/7/2016).

Sebelumnya, WhatsApp juga telah memberikan pengumuman di blog resminya tentang daftar sistem operasi yang tidak akan mendukung layanan miliknya. Di antara daftar platform tersebut ialah Blackberry 10, Nokia S40, Symbian S60, Android 2.1 dan 2.2 serta Windows Phone 7,1, dan iOS 6.

Dalam keterangannya, pihak WhatsApp mengatakan bahwa langkah tersebut diambil karena mereka hanya ingin fokus kepada sistem operasi yang saat ini banyak digunakan. Kabar ini tentunya tidak terlalu mengejutkan, mengingat persentase pengguna Symbian jika dibandingkan dengan iOS atau Android memang sudah sangat kecil.

Symbian pernah menjadi merajai pasar OS pada dekade silam, tumbuh dan redupnya Symbian beriringan dengan pudarnya Nokia di pasar ponsel. Dan hal ini juga yang mungkin jadi pertimbangan WhatsApp untuk menghentikan layanannya di OS tersebut karena kecilnya pengguna Symbian saat ini.

Ponsel basis Symbian memang belum bisa dipastikan sebagai smartphone, karena kehadiran fitur yang terbatas di dalamnya banyak pengguna mengkategorikan symbian sebagai featurephone. Ditambah semakin banyaknya kehadiran smartphone dengan beragam fitur dan harga terjangkau, di pasaran pun symbian kini mulai sepi peminat. Dan alasan ini yang kerap disebutkan banyak pengembang layanan meninggalkannya.