ArenaLTE.com – Prototipe ponsel dengan engkol sudah muncul sejak satu dekade silam. Unik karena bisa jadi jembatan kebuntuan tatkala baterai ponsel low bat, namun tak ada charger atau listrik di sekitaran Anda. Dalam konteks kekinian, sistem engkol untuk ponsel (smartphone) kembali dihadirkan. Seperti yang dihadirkan oleh Ampware. Sebab dirasa ada peluang untuk merilisnya sebagai solusi akan borosnya konsumsi energi baterai di perangkat smartphone yang bekerja dengan prosesor tinggi.

Ampware adalah sosok casing smartphone yang dilengkapi dengan engkol di belakangnya. Engkol tersebut bisa diputar sesuka hati untuk mengisi baterai sehingga smartphone tidak jadi kehabisan tenaga. Pencetusnya adalah Mark Gabriel dan Erik Durr yang mendirikan Ampware pada 2005. Keduanya terkena dampak badai Katrina di Amerika Serikat. Terpisah dari keluarga dan teman-teman tercinta, mereka ingin tetap bisa menghubungi dengan ponsel. Inovasi keren ini terinspirasi oleh senter engkol yang biasa ditemukan di kotak perkakas dan dapat diisi ulang baterainya hanya dengan “memompa” tombol yang disediakan.

ampware-iphone

Dilansir dari Ubergizmo.com (19/1/2016, pembuat dari casing unik ini berusaha untuk mengumpulkan donasi sebesar US$ 55.000 demi membiayai produksi awal dari Ampware. Pembuatnya juga mengklaim bahwa dengan mengengkol casing ini selama satu menit, maka smartphone kdapat tambahan tenaga hingga 40 menit ke depan, dan apabila diputar selama lima menit, maka pengguna dapat menambah tenaga ke smartphone bisa untuk tiga jam. Ampware bahkan juga dilengkapi dengan port USB apabila device lainnya yang membutuhkan pasokan tenaga.

Bagusnya saat ini Ampware sudah tersedia untuk smartphone iPhone 6S, penambah daya iPhone dengan ketebalan 18,5 mm ditawarkan dengan harga US$79,29 (Rp1 jutaan) per unit.