ArenaLTE.com – Untuk memuluskan permainan pada perangkat komputer personal atau PC Gamer, membutuhkan performa piranti yang tinggi seperti halnya pada kartu grafis. AMD, produsen chipset asal Amerika, mengklaim bahwa kehadiran kartu grafis eksternal seri AMD Radeon RX480 memiliki kemampuan tersebut karena adanya teknologi polaris. Namun sayangnya, harga untuk satu unit ini jika dibandingkan setara dengan harga smartphone LTE untuk kelas menengah atas.

Kartu grafis AMD Radeon RX480 kini resmi tersedia untuk pasar Indonesia. Kartu grafis ini dirancang untuk memberikan performa dan fitur gaming level enthusiast. AMD Radeon RX480 diklaim memiliki teknologi grafis paling canggih dengan nilai proposisi luar biasa untuk para penggemar dan gamer di seluruh dunia, meski harganya tergolong cukup mahal di kelasnya.

“AMD Radeon RX480 sudah tersedia di Indonesi mulai sekarang dengan harga IDR3,7 juta,” ungkap Ryan Sim, Channel Sales Director AMD, di sela peluncuran produk, di Jakarta (19/7/2016). Menurutnya, kartu grafis dari seri Radeon terbaru ini, mampu bekerja secara optimal memberikan tampilan permaian dengan baik, bahkan untuk permainan jenis virtual reality (VR).

AMD Radeon RX480 hadir dengan arsitektur Polaris yang revolusioner, dioptimalkan untuk fabrikasi 14nm FinFET yang diklaim sebagai penyempurnaan untuk performa dan efisiensi tinggi permainan. Hal ini memberikan lebih dari 15 persen performa per compute unit, rasio hingga 2.8x performa/watt dibandingkan arsitektur grafis AMD Radeon R9 200 series, dan memberikan tenaga hingga 5.8 triliun perhitungan dalam satu detik.

Radeon RX480Memiliki teknologi canggih untuk memberikan kepuasan akselerasi dalam permainan terutama soal urusan grafis, memang bisa disajikan oleh kartu grafis AMD Radeon RX480 ini. Pun demikian dengan harga yang bisa diukur setara dengan harga smartphone LTE kelas menengah atas. Tetapi, meski harga yang tergolong tinggi tidak memupuskan pasar piranti ini meredup, ekosistem di Indonesia dianggap perusahaan masih cukup tinggi.

Tidak hanya ekosistem PC global, ekosistem PC di Indonesiapun diklaim telah menunjukkan dukungan antusias cukup tinggi terhadap kartu grafis AMD Radeon RX480. Hal ini ditandai dengan banyak para calon pengguna kartu grafis di Tanah Air yang telah mendaftarkan diri untuk proses pre-order. Begitu pula dengan para distributor dari kedelapan brand yang juga telah menyatakan kesiapan untuk pemasaran.