ArenaLTE.com – AMD pun memperkuat industri game PC dengan menghadirkan dua kartu grafis terbaru miliknya. Video graphic card (VGA) yang dikembangkan perusahaan, diklaim sudah mengimplementasikan DirectX 12 dari keluarga Radeon yang mampu merender grafis dan menjalankan game Sid Meiers Civilization VI dengan apik.

Dengan DirectX 12 asynchronous compute dan explicit multi-adapter, gamer PC akan disuguhi performa tinggi. Mesin game dengan sistem komputasi parallel cepat diangap sangat cocok untuk peradaban luas yang dirancang untuk memenangkan hati, pikiran, dan bintang-bintang.

“Kartu grafis Radeon secara cepat telah menjadi platform untuk konten generasi DirectX 12,” kata Roy Taylor, corporate vice president of alliances, Radeon Technologies Group, AMD, dalam siaran resmi perusahaan. Pihaknya mendukung lanjutan dari franchise Civilization, yang telah lama dipuja oleh para gamer untuk kombinasi memabukan dari grafis indah dan permainan game yang sangat adiktif.

“Selama 25 tahun franchise Civilization telah menetapkan standar yang indah dan ahli dalam menciptakan game ber-genre turn based strategy,” kata Steve Meyer, Director of Software Development, Firaxis Games.

DirectX 12 Asynchronous Compute

Asynchronous compute adalah fitur DirectX 12 yang secara eksklusif didukung oleh Graphics Core Next atau arsitektur Polaris yang ditemukan di banyak kartu grafis AMD Radeon. Fitur powerful ini memungkinkan untuk mengeksekusi secara parallel tugas komputasi dan tugas grafis, secara substansial mengurangi waktu dari arsitektur lain yang butuh untuk mengeksekusi beban kerja yang sama dengan cara langkah-demi-langkah yang lebih lama. Asynchronous compute pada banyak GPU Radeon secara sempurna akan melengkapi game Civilization VI yang kaya-unit.

DirectX 12 Explicit Multi-Adapter

Explicit multi-adapter merepresentasikan pertama kalinya grafis API DirectX® mendukung secara resmi konfigurasi multi-GPU untuk gamer. Meskipun versi sebelumnya dari DirectX API tidak mencegah dukungan multi-GPU, di mana tidak ada ekstensi yang secara khusus mendukung sebagai tambahan. DirectX® 12 explicit multi-adapter tidak hanya menambah dukungan Microsoft resmi, tetapi menambah dukungan terhadap berbagai fitur canggih dan fleksibilitas untuk melepaskan imajinasi dari pengembang game. Manfaat dari multi-GPU cukup banyak : framerates lebih tinggi, latensi input yang lebih rendah, kapasitas untuk kualitas gambar yang lebih tinggi dan masih banyak lagi. Dukungan explicit multi-adapter akan menjadi  fitur tambahan yang sangat baik bagi pelanggan grafis Radeon ™ yang sangat diharapkan hadir di pengalaman Civilization VI mereka.