ArenaLTE.com – Masih ingat kan kalau chipset Snapdragon 620 baru saja berganti nama menjadi Snapdragon 652. Nah, ada kemungkinan chipset berlabel baru ini akan menjadi amunisi utama dalam Alcatel One Touch Idol 4.

Memang smartphone ini bukan merupakan yang pertama mengadopsi Snapdragon 620. Tapi jika info yang beredar benar adanya, maka Alcatel One Touch Idol 4 ini akan menjadi handset pertama mengimplementasikan chipset dengan nama baru.

Handset Alcatel dengan kode TCL 6070 ini sendiri baru saja berkunjung di pengujian GFXBench Benchmark. Ada beberapa spesifikasi yang terungkap dari hasil pengujian tersebut. Antara lain, Alcatel One Touch Idol 4 akan menanamkan layar seluas 5,5 inci dengan resolusi 1080×1920 piksel.

Juga dibenami dengan chipset octa core Snapdragon 620 652 berclockspeed 1.8GHz ditandem pengolah grafis GPU Adreno 510. RAM dengan besaran 3GB akan menjadi bagian dari jeroan smartphone bersama dengan memori internal 16GB.

Soal fotografinya, Alcatel One Touch Idol 4 mematri kamera utama berkekuatan 16MP serta kamera depan dengan resolusi 8MP. Kamera depan bisa dipakai untuk melakukan foto selfie serta aktivitas video chat.

Sebagai gambaran, One Touch Idol 4 bisa memproduksi frame rate 5.4 fps dalam pengujian Car Chase offline. Mengalahkan beberapa perangkat yang baru saja diungkap seperti Yu Yutopia,  LG G Flex 2, HTC One M9 dan Sony Xperia Z3 +. Beberapa smartphone tersebut mendapat nilai mulai dari 5.1 fps hingga rentang di bawah One Touch Idol 4.

Sekedar info saja, Qualcomm telah mengumumkan beberapa seri chipset Snapdragon terbaru untuk kelas mid-range. Diantara yang diumumkan saat itu adalan Snapdragon 618 dan Snapdragon 620. Namun atas dasar pertimbangan strategis, manufaktur chip terbesar asal AS ini telah memutuskan untuk mengubah label nama pada Snapdragon 618 dan Snapdragon 620.

Kedua chipset untuk selanjutnya diberinama nama baru sebagai Snapdragon 650 dan Snapdragon 652. Sesuai tradisi, penamaan pada chipset Qualcomm menyiratkan identitas, seperti seri 2, 4 dan 6 menandakan chipset yang disasar untuk smartphone kelas entry sampai menengah. Sementara Snapdragon dengan ser 8xx disasar untuk memenuhi kebutuhan smartphone papan atas yang butuh kinerja lebih tinggi.