ArenaLTE.com – Advan kembali merilis tablet ke pasar Tanah Air. Sedikit berbeda, kali ini sang vendor menghadirkan Advan i7 yang didukung teknologi eye protection. Teknologi nano optical film ini pertama kali disuntikkan dalam tablet, berfungsi melindungi kesehatan mata dari bahaya radiasi sinar biru atau bluelight.

Langkah Advan menghadirkan perangkat yang ramah untuk mata ini merupakan salah satu kontribusi mereka buat konsumen Tanah Air yang sudah menjadi pengguna setia. “Tablet Advan merupakan yang terbesar shipment-nya di Indonesia pada Q3 2015. Nah, sebagai salah satu produsen tablet terbesar di negeri ini, kami terpanggil untuk memberikan sesuatu (timbal balik-red). Yakni dengan menghadirkan teknologi Eye Protection,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan dalam peluncuran Advan i7 di Jakarta baru-baru ini (29/3/2016).

Jpeg

Ia menambahkan, Advan tak pernah bosan berinovasi dan menjadikan kebutuhan konsumen sebagai skala prioritas dalam setiap terobosan yang dihadirkan. Teknologi Eye Protection berupa nano optical film yang dibenamkan dalam Advan i7 mampu mereduksi bahaya radiasi sinar biru bagi mata. “Tablet dengan teknologi eye protection bisa mereduksi sinar biru hingga 40%.”

Sebagai informasi saja, snar biru merupakan sinar terjauh yang dapat ditangkap mata manusia (visible light) dengan panjang gelombang di kisaran 380-500 nm. Energi sinar biru dikategorikan paling tinggi (high energy visible) dibandingkan dengan sinar tampak (visible) lainnya.

Selain dipancarkan matahari secara alami, sinar biru juga dipancarkan oleh sumber lainnya yang bersifat non alami seperti lampu neon, LED screen, smartphone, tablet dan berbagai perangkat digital lainnya. Seiring meningkatnya penetrasi internet yang memicu ketergantungan pada perangkat digital, membuat manusia semakin sulit terhindar dari radiasi sinar biru lebih dari dua jam setiap harinya.

Akumulasi jangka panjang dari radiasi sinar biru terhadap mata bisa berdampak buruk buat manusia. Antara lain mempercepat terjadinya degenerasi makula yang berujung pada risiko terburuk kebutaan. Langkah Advan membenamkan proteksi terhadap sinar biru dalam tablet barunya ini adalah sebagai upaya pencegahan.

Apalagi menurut survei yang dilakukan Advan, selama ini pengguna tablet kebanyakan adalah kalangan anak-anak. Mereka yang merupakan pengguna tablet di rentang usia 5-15 tahun sangat rentan terhadap efek sinar biru. “Nah, langkah ini adalah untuk menghindarkan mereka dari resiko yang diakibatkan sinar biru,” ujar Tjandra.

Jpeg

Selain mengandalkan teknologi Eye Protection, Advan i7 sudah dibenami berbagai fitur serta spesifikasi memadai. Tablet berukuran 7 inch ini sudah mengantongi prosesor quadcore 1,0 Ghz dan GPU Mali 720. Tak hanya itu, Advan i7 juga memiliki konektivitas 4G LTE dan disokong RAM 1GB dan ROM 8GB. Termasuk ketersediaan slot microSD buat ekspansi memori.

Di sektor imaging, tablet ini menyiapkan kamera utama berkekuatan 5MP di belakang bodi serta kamera depan 2MP.  Buat menunjang daya tahannya, Advan i7 menyimpan baterai berkapasitas 2500mAh dibalik tubuhnya. Harga Advan i7 ternyata tak terlalu menguras kantong karena dibanderol sekitar IDR 1.349.000