ArenaLTE.com – Langkah Advan menghadirkan smartphone khusus yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia mulai memasuki tahap desain. Sang vendor baru-baru ini memberi bocoran sebuah seri bernama Advan G1. Disebutkan bahwa smartphone ini bakal dirancang dari material metal pilihan.

Advan terlihat sangat ingin menghadirkan smartphone yang benar-benar memenuhi kebutuhan konsumen Tanah Air terhadap smartphone berkualitas dengan harga kompetitif. Adalah Advan G1 yang disiapkan sebagai senjatanya dimana salah satu proses yang dilewati adalah dengan pelibatan secara langsung konsumen tanah air melalui survei yang digelar Mars Research.

Melalui riset yang digelar, Advan menampung beragam harapan dan masukan tentang smartphone yang benar-benar dibutuhkan konsumen tanah air. Nah, salah satu poin penting dari survei tersebut adalah perihal kualitas dan  durabilitas.

advan G1Soal kualitas, di tahap awal ini Advan memberikan gambaran bahwa bodi dan cover yang akan digunakan oleh Advan G1 memakai bahan metal pilihan. Menurut Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan dalam kesempatan jumpa pers di Jakarta (27/6/2016), beberapa tahun belakangan konsumen memilih smartphone tipis dan ringan.

“Untuk memenuhi harapan konsumen,  produsen beramai-ramai memproduksi smartphone dengan cover body plastik. Namun, cover plastik menuai kelemahan,  rentan pecah dan terkesan kurang premium. Pada Advan G1 ini, konsumen akan menemukan eksklusivitas cover dan body yang terbuat dari bahan metal,” ujar Tjandra.

Ia menambahkan jika bahan metal yang dibuat untuk Advan G1 ini diproses dengan teknologi  CNC (computer numerically controlled) yang melewati 125 kali proses. Untuk diketahui, sistem pengoperasian CNC adalah menggunakan program yang dikontrol langsung oleh komputer.  Secara umum kontruksi mesin perkakas CNC dan system kerjanya adalah sinkronisasi antara komputer dan mekaniknya. Jika di bandingkan dengan mesin perkakas konvensional yang sejenis, mesin perkakas CNC lebih baik dari segi ketelitiannya, ketepatan, fleksibilitas dan kapasitas produksi.

Dengan teknologi tersebut,  cover dan bodi Advan G1 benar-benar akan menghasilkan desain yang ergonomis dan presisi. “Prosesnya memang panjang dan rumit, seperti penggarapan iPhone maupun  smartphone premium lainnya,” ungkap Tjandra.

Proses pembuatan memang sedikit rumit,  lempengan metal utuh selanjutnya diporoses dengan  Diamond Cutter yang  menghasilan potongan serta lempengan body/cover. Kemudian proses tersebut menghasilkan potongan yang halus dan rapi dengan   finishing 45° Bevel.  Selanjutnya dilakukan proses Anodizing, yaitu  proses pelapisan alumunium dengan zat warna. Proses dengan teknologi Anodizing ini menghasilkan warna sempurna yang tidak akan luntur pada body dan cover smartphone.

“Dengan proses yang rumit dan pemilihan bahan metal berkualitas, Advan G1 diharapkan akan mampu bersaing dengan smartphone premium dalam hal kualitas. Secara kualitas, kami berupaya memberikan yang maksimal. Secara harga, kami akan hadir kompetitif,” pungkas Tjandra.