ArenaLTE.com –  Pasar perangkat komputasi personal atau PC memang belum benar-benar meredup, namun transformasi bentuk perangkat yang kian portabel kini menjadi tantangan para produsen PC. Melihat ceruk besar pasar ini, produsen asal Taiwan mencoba perkenalkan generasi terbarunya Acer Switch Alpha 12 sebagai notebook 2-in-1 Pertama dengan teknologi pendingin tanpa kipas.

Acer Switch Alpha 12 ditenaga prosesor Intel core generasi ke-6 dengan sistem pendingin tanpa kipas yang pertama di dunia. Switch Alpha 12 menggunakan sistem pendingin liquid cooling berupa cairan yang bebas debu dan bising. Biasanya, teknologi ini hadir pada mesin pPC gaming rakitan yang membutuhkan casis besar.

Melalui sebuah teknologi kembangannya, Acer mampu hadirkan deangn desain yang kompak namun memiliki performa komputasi handal. Acer Switch Alpha 12 hadir sebagai PC yang bisa bertransformasi menjadi tablet. Dengan teknologi tersebut membuat Acer Switch Alpha 12 mudah dibawa ke manapun, dan pastinya nyaman digunakan di atas meja maupun dipegang dengan satu tangan.

Switch Alpha 12 (SA5-271) (10)

Switch Alpha 12 dibekali dengan spesifikasi handal sebagai notebook 2 in 1, mencakup prosesor Intel Core-i generasi ke 6 dan sistem operasi Windows versi terbaru, Windows 10 home 64 bit. Switch Alpha 12 di Indonesia ditawarkan dalam dua pilihan prosesor, yakni Switch Alpha 12 Core i5 dengan prosesor Intel Core i5-6200U (3 MB L3 cache, up to 2.8 GHz) dan Switch Alpha 12 Core i7 dengan prosesor Intel Core i7-6500U (4 MB L3 cache, up to 3.1 GHz).

Adanya dua versi prosesor pada Swich Alpha 12 juga berkaitan dengan spesifikasi pendukungnya. Untuk Switch Alpha 12 Core i5 menggunakan RAM berkapasitas 4 GB dan memori internal 256 GB SSD. Sementara untuk Switch Alpha 12 Core i7 menggunakan kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 512 GB SSD.  Kombinasi prosesor Intel Core i dan sistem pendingin tanpa kipas menjadikan Switch Alpha 12 sebagai notebook 2-in-1 dengan sistem pendingan tanpa kipas terkuat di dunia.

Untuk harganya sendiri, Acer Switch Alpha 12 yang didukung dengan prosesor Intel Core i5 dibanderol sekitar IDR13 jutaan. Sedangkan untuk dukungan prosesor Intel Core i7 dibanderol sekitar IDR20 juta.