ArenaLTE.com – Windows adalah platform yang kurang diminati developer ketika mengembangkan aplikasi baru. Mereka biasanya memprioritaskan pada platform iOS dan Android. Begitupun dengan game fenomenal Pokemon Go yang masih belum bisa dinikmati oleh pengguna sistme operasi “jendela” besutan Microsoft ini. Walau demikian, sumber informasi menyebutkan pengembang pihak ketiga ST-Apps tengah berusaha menghadirkan Pokemon Go versi Windows. Namun sayangnya, ada beberapa masalah yang kerap timbul di dalamnya.

ST-App kini tengah menjadi perbincangan hangat banyak media, setelah mengabarkan pihaknyah bekerja keras untuk menghadirkan Pokemon Go untuk Windows 10 Mobile. Bahkan, untuk saat ini diungkapkan telah hadir versi beta dari game perburuan binatang digital Pokemon.

“Kami akan memberikan kemampuan untuk bermain (Pokemon Go) dalam permainan yang sama dengan teman-taman Anda yang saat ini sedang ramai dimainkan para pengguna Android maupun iOS,” jelas juru bicara pengembang seperti dilansir dari laman phonearena.

Namun sayangnya, game yang akan hadir dengan sebutan Pogo-UWP ini dikabarkan tidak akan hadir persis sama seperti pada dua perangkat lainnya (Android & iOS). Pokemon Go versi Windows tidak memiliki fitur fitur augmented reality (AR) dan visual 3D seperti yang dimainkan dalam game aslinya.

Pokemon Go Windows
Screenshot Pokemon Go versi Windows

Pengembang juga mengungkapkan, untuk bisa memainkan game ini nantinya pengguna harus terlebih dahulu membuat akun dalam Pokemon Trainer Club bukan dengan cara masuk melalui akun Google. Pengguna pun harus terlebih dahulu membuka permainan pertama ini dalam perangkat iOS maupun Android, hal ini dilakukan saat pertama membuat akun dalam permainan. Ini yang menjadi momok, jika pengguna Windows Phone sama sekali tidak memiliki perangkat yang berbasis Android maupun iOs. Mereka tentu masih akan gigit jari.

Dalam laman github, para pengembang aplikasi dijelaskan menerapkan dua metode atau cara yang berbeda dalam instalasi game dalam perangkat Windows. Pertama adalah memilih sebagai seorang pengguna pemula, sedangkan cara lainnya adalah pilihan sebagai seorang pengembang. Belum dijelaskan detail perbedaan dua metode tersebut, meski banyak pihak mengakui pasti ada perbedaannya.

Pogo-UWP diklaim telah hadir dalam versi beta meski dalam laman disebutkan masih ada beberapa masalah yang timbul. Dalam versi ini, masih ditemukan banyak bug atau game yang sering crash saat pengguna menekan atau menggeser peta. Masalah tersebut juga kerap muncul ketika selesai menangkap Pokemon, atau sekadar mengunjungi Pokestop.