ArenaLTE.com – Bisa mendapatkan akses 4G LTE (Long Term Evolution) gratis dan tanpa batas (unlimited) tentu sangat menyenangkan. Walau tentu tidak ada operator yang berani menggratiskan, kecuali pada masa promosi dengan syarat dan ketentuan berlaku. Tapi lain dengan upaya Jacob Ajit, pelajar SMK berusia 17 tahun dari Virginia, Amerika Serikat. Ia berhasil menjebol layanan paket data pra bayar 4G LTE dari operator T-Mobile.

Di laman Mediumpelajar SMK Sains dan Teknologi di Thomas Jefferson ini mengungkapkan bahwa dirinya adalah pelanggan kartu pra bayar T-Mobile. Meski kartunya dalam kondisi aktif, saat itu Ajit tidak berlangganan paket data apapun. Tertantang untuk bisa menembus celah sistem billing operator, Ajit lantas membuat serangkaian uji coba. Ia menyebut aksinya lebih untuk mencari kesenangan karena bosan dengan tawaran paket operator.

Lebih lanjut Jacob Ajit menjelaskan bahwa akses ke website T-Mobile dapat digunakan tanpa data plan dari smartphone. Selanjutnya Ajit menjajal untuk menjalankan beberapa aplikasi dari ‘modal’ koneksi ke website operator. Beberapa aplikasi dicoba ternyata tidak berhasil, sampai akhirnya Ajit menjajal menggunakan aplikasi pengukur kinerja kecepatan data, Speedtest.net. Ajaibnya aplikasi tersebut dapat berjalan sempurna, bahkan ketika Speedtest.net memakai server pihak ketiga. Melihat ini sebagai peluang, lantas Ajib mempelajari cara aplikasi ini bekerja.

Melaui proses utak atik, Ajit melakukan penelitian dengan smartphone yang dikoneksikan mitmproxy ke laptop Apple Mac. Dari situ Ajit mendapat pemahanan tentang cara kerja Speedtest.net, Ia lantas memula mengunduh gambar dalam ukuran 30 x 30 dan sebagainya, file-file yang diunduh host-nya berada di berbagai URL. Satu-satunya kesamaan diantara kesemuanya adalah terbentuknya folder Speedtest.net.

Terbentuknya folder Speedtest.net dipandang sebagai peluang untuk mengakses lebih jauh. Dan jadilah Ajit menaruh beberapa file multimedia seperti video musik Taylor Swift di folder Speedtest.net di server sendiri. Kemudian Ajit mencoba untuk mengakses web lewat web T-Mobile tanpa data plan. Dan sim salabim, uji coba Jacob Ajit ternyata berhasil. Meski belum ada tanggapan dari pihak operator, setelah merembaknya berita ini operator T-Mobile telah diyakini telah melakukan upaya perbaikan pada sisi keamanan server.