ArenaLTE.com – Panasonic bukan nama baru lagi dalam jagad ponsel dan smartphone. Meski beberapa kali jatuh bangun di segmen smartphone, pabrikan asal Jepang ini tak henti melakukan strategi untuk memikat pasar. Di ajang akbar MWC (Mobile World Congress) 2016 yang tengah berlangsung di Barcelona, Spanyol, mereka meluncurkan Panasonic FZ-N1.

Panasonic-FZ-N1-partKarena tren di Jepang yang lebih menyukai perangkat yang memiliki ketahanan terhadap air dan debu, maka ponsel inipun diberi kemampuan seperti itu. Panasonic FZ-N1 diklaim sebagai smartphone tangguh kelas atas dan mampu bertahan di segala kondisi medan.

Ponsel ini memiliki drop rating 6 dan ketahanan jatuh 2000 kali dari ketinggian 1 meter (3,3 kaki). Menariknya, Panasonic FZ-N1 ini juga mampu tahan debu dan tahan dalam air sedalam satu meter dalam jangka waktu 30 menit. Pastinya smartphone ini telah mengantongi sertifikasi IP65 dan IP67.

Dengan basis sistem operasi Android Lollipop, smartphone ini dibekali dengan layar HD 4.7 inchi. Dapur pacunya disokong chipset Qualcomm Snapdragon 2.3GHz dan 2GB RAM telah disiapkan untuk menghadirkan performa berpikir maksimal. Di sektor penyimpanan, Panasonic FZ-N1 dibekali dengan 16GB memori internal.  Tak hanya itu, di sektor konektivitasnya pun cukup lengkap, yakni 4G LTE (Long Term Evolution), dual slot SIM, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, GPS, serta Bluetooth 4.1.

Pada lingkup kamera, smartphone ini memiliki kamera utama 8 megapixels dan kamera depan 5 megapixels untuk selfie dan gaya. Smartphone terbaru Panasonic ini sudah lulus tes tahan banting bernama tes tumble. Dalam tes ini smartphone terbaru Panasonic itu dimasukkan ke dalam sebuah alat yang memiliki ruang berbentuk persegi panjang, dengan panjang berkisar satu meter sampai dua meter. Setelah itu, alat tersebut akan otomatis berputar.

Dengan segala ketangguhannya, Panasonic memang membandrol harga yang tak murah, dikutip dari situs Ubergizmo.com, Panasonic FZ-N1 dijual seharga US$1.500 atau sekitar IDR 20 jutaan jika dikonversi ke kurs rupiah. Harga yang sangat mahal untuk sebuah smartphone. Bahkan dianggap mendekati harga Vertu yang selama ini dikenal sebagai smartphone termahal. Bedanya, jika di Vertu yang menjadi mahal adalah dilapisi batu mulia yang mewah, sedangkan ponsel ini karena sistem perlindungannya yang sangat kuat dengan konstruksi yang dibuat dengan standar militer. Anda tertarik?