ArenaLTE.com – Layanan VoLTE (Voice over Long Term Evolution) terbilang salah satu platform fitur dari 4G LTE yang cukup laris manis jadi bahasan saat ini. Teknologi voice yang dibawa lewat kecepatan data tinggi ini memang menawarkan banyak kelebihan, termasuk kemampuan roaming services seperti di era 2G. Dan terkait VoLTE, operator dari Korea Selatan KT Corporation dan operator asal Jepang NTT DoCoMo, kemarin (20/10/2015) telah resmi meluncurkan layanan VoLTE roaming yang disebut pertama kali komersial di dunia.

Lewat peluncuran komersial layanan VoLTE roaming, pelanggan dari kedua operator akan memiliki akses data dan komunikasi berkualitas tinggi, suara dengan latency rendah, serta panggilan video dan juga layanan data super cepat di dalam negeri maupun internasional antara Jepang dan Korea Selatan.
Baca: Afrika Akan Jadikan VoLTE Sebagai Layanan Utama di Jaringan 4G

Sebelum hadirnya solusi ini, kemampuan tersebut hanya dapat dilakukan secara sepihak, misalnya dalam lingkupp terbatas, seperti yang digambarkan baru-baru ini pada kesepakatan VoLTE antara LG Uplus dengan operator Jepang KDDI. Di masa depan, kedua operator berharap untuk memperluas layanan VoLTE roaming mereka dengan menawarkannya ke negara-negara lain melalui kemitraan dan kerjasama operator lain.

VoLTE adalah basis teknologi yang bersadar pada all-IP (Internet Protocol) yang terintegrasi dengan fitur panggilan pada smartphone pengguna dan menyediakan panggila sederhana dengan kualitas jernih. Ini adalah langkah pertama untuk menawarkan rangkaian layanan all IP lengkap seperti HD (High Definition) Voice, VoLTE, ViLTE (Video-over-LTE), VoWiFi (Voice-over-WiFi) dan RCS (Rich Communications Suite) yang dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan interoperabilitas pada skala interkoneksi dan jaringan. Operator seluler tentu harus berkolaborasi dengan vendor jaringan, produsen perangkat dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan jaringan all-IP yang saling berhubungan dengan memberikan pengalaman maksimal bagi pengguna.
Baca: Telkomsel Gunakan Jaringan Syniverse Untuk Layanan LTE Roaming

Integrasi IP komunikasi di smartphone juga sangat penting untuk memberikan sajian layanan yang mulus, dan pengalaman yang sifatnya out of the box. Sebagai bagian dari pengumuman komersialisasi VoLTE, NTT DoCoMo juga merilis sembilan smartphone terbaru yang kompatibel dengan VoLTE, menambah basis dari ragan perangkat yang telah tersedia saat ini. GSMA Intelligence memperkirakan populasi handset VoLTE akan meningkat antara 65 – 80 persen pada tahun 2020.

Sumber: GSMA
Foto: ggsoku.com