ArenaLTE.com РJauh ribuan kilometer dari negara asalnya, Nokia, vendor jaringan asal Finlandia belum lama ini mendapat kepercayaan dari otoritas pemerintah kota San Diego di Amerika Serikat. Vendor ini dipercaya meningkatkan sistem jaringan komunikasi untuk keselamatan warga kota melalui Advanced Communications Network.

Dalam proyek Advanced Communications Network yang diumumkan di kota Espoo, Finlandia pada 12 Juli lalu, disebutkan bahwa Nokia akan mengusung teknologi IP/MPLS (Internet Protocol/Multi-protocol Label Switching) dan paket radio microwave. Kombinasi dua teknologi tersebut dipercaya sangat tangguh, teruji dan handal dalam mendukung transportasi data.

Jaringan data di Di San Diego direncanakan akan memanfaatkan kemampuan backhaul dari kapabilitas P25 digital trunked radio, sehingga dapat memperkuat respon personel dan pemerintah kota dalam menyikapai kondisi darurat di kota yang sewaktu-waktu dapat muncul. Jaringan akses yang dibangun Nokia juga bakal menghubungkan koneksi data diantara lembara dan layanan kota lainnya. San Diego adalah kote terbesar kedelapan di Amerika Serikat.

Jaringan baru yang dibangun Nokia akan memberikan kecepatan tinggi, sambungan data berkapasitas tinggi antar fasilitas di kota San Diego. Pada implementasinya memungkinkan peningkatan komunikasi suara dan data, serta video surveillance untuk responden pertama pada aparat kepolisian dan pemadam kebakaran dan mendukung aplikasi lainnya termasuk SCADA (supervisory control and data acquisition).

Dalam proyek ini, fokus Nokia pemenuhan l untuk pasar luar penyedia layanan komunikasi tradisional. Keselamatan publik merupakan kesempatan yang menarik karena kedua pemerintah nasional dan pemerintah negara bagian berusaha untuk memodernisasi infrastruktur komunikasi yang telah menua.

Dalam gelar proyek di Sand Diego ini, Nokia siap menghadirkan perangkat 7705 Service Aggregation Router, 7210 Service Access Switch, 7750 Service Routers dan 9500 Microwave Packet Radio untuk pengaturan Ethernet, TDM and video services untuk mendukung transisi semua IP network. Jaringan secara keseluruhan diatur oleh Nokia 5620 Service Aware Manager.

Masih dalam paket yang ditawarkan, Nokia juga menyediakan layanan profesional untuk desain dan rekayasa jaringan, termasuk jasa perencanaan frekuensi dan perizinan, pembangunan menara, instalasi, dan pemeliharaan perangkat di lapangan. Sebagai informasi, kota San Diego saat ini berpenduduk 1,3 juta jiwa.