ArenaLTE.com – Awal Februari lalu, gempa bumi berkekuatan 6,4SR mengguncang kota Tainan, Taiwan. Sejumlah gedung bangunan runtuh hingga menewaskan setidaknya 113 orang. Datangnya gempa memang tak bisa dihindari, namun bakal terjadinya gempa bumi dapat dideteksi sejak dini. Mengingat pentingnya peringatan dini sebelum hadirnya puncak gempa, beragam aplikasi pun diusung. Salah satunya MyShake, inilah aplikasi pendeteksi gempa bumi yang hadir bagi pengguna smartphone berbasis Android.

UC Barkeley yang meluncurkan aplikasi pendeteksi gempa bumi ini memanfaatkan sensor gerak smartphone untuk menentukan apakah bumi yang sedang Anda pijak bergetar atau tidak. Informasi dari smartphone Anda digabungkan dengan informasi dari pengguna lain di suatu wilayah yang sama.

Cara ini cukup akurat untuk membuat peringatan dini akan terjadinya gempa bumi. Para peneliti menggunakan serangkaian informasi yang mereka dapatkan dari penguna. Sensor yang paling berperan utama pada aplikasi ini adalah akselerometer, dimana hampir semua smartphone Android telah memiliki sensor ini. Sebuah smartphone yang memiliki akselerometer dapat memprediksi gempa hingga berkekuatan 5SR dengan jarak jangkauan hingga 6,2 mil atau sekitar 10km.

Seperti dikutip dari situs Ubergizmo.com, guna membuat informasi peringatan dini yang akurat, para peneliti telah menerapkan algoritma khusus yang dapat membedakan informasi asli dan informasi palsu. Jika 60% dari mereka yang telah memasang aplikasi ini menunjukkan peringatan gempa pada saat yang sama, alarm gempa akan berbunyi. Peringatan dini ini penting karena bisa mengetahui datangnya gempa 60 detik ke depan. Waktu ini cukup untuk mengambil tindakan pencegahan dan menyelamatkan banyak nyawa. Selain itu aplikasi ini memberikan saran, apa yang harus lakukan jika terjebak dalam gempa bumi.

Dengan menginstall aplikasi pendeteksi gempa bumi MyShake, membuat Anda menjadi bagian dari jaringan pendeteksi gempa bumi. Dan satu-satunya hal yang Anda lakukan untuk memastikan apakah ada gempa adalah dengan menyalakan smartphone Anda. Nantinya, tidak tertutup kemungkinan, MyShake akan dilengkapi dengan fitur yang akan memperingati penggunanya bahwa gempa akan terjadi.

 

MyShake saat ini baru tersedia untuk OS Android. Versi iOS dari aplikasi ini sedang dikembangkan. Aplikasi ini hanya akan berguna jika ada banyak orang yang menggunakannya.