ArenaLTE.com – Meski kalah cepat dibanding Google dan Apple untuk urusan aksesori, pelan tapi pasti Microsoft terus mendukung ekosistem aksesori guna mendukung eksistensi Windows Lumia Phone. Kabar terbaru menyebutkan raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini akan meluncurkan Microsoft Treasure Tag generasi baru yang kompatibel dengan Android dan iPhone.

Aksesori seukuran korek api ini bisa dipasangkan ke kunci, dompet dan item penting lainnya untuk memastikan agar tidak hilang. Fitur utama aksesoris ini adalah bisa terhubung ke smartphone lewat Bluetooth dan NFC (Near Field Communication) untuk mengirimkan alarm jika Anda meninggalkannya.

Konsep Microsoft Treasure Tag
Konsep Microsoft Treasure Tag

Nah di versi terbaru dari Microsoft Treasure Tag, aksesori dengan codename “Valora” ini telah muncul di FCC (Federal Communications Commission). Sebagaimana dilansir dari Ubergizmo.com dan Windows Central (4/10/2015), Tag ini nantinya tidak hanya kompatibel dengan Windows Phone, tetapi juga akan bekerja dengan iOS dan Android. Selain itu tags baru ini juga akan dilengkapi desain bulat dan lebih ramping dibanding versi lamanya yang berbentuk kontak.

Treasure tag pada awalnya merupakan bagian dari tiga aplikasi yang digadang Microsoft pada tahun 2014 untuk mengikat pengguna Windows Lumia. Kedua aplikasi lainnya adalah Device Hub dan OneDrive. Jika Anda termasuk orang yang ceroboh karena sering kehilangan atau ketinggalan barang penting seperti kunci, dompet, atau laptop, maka aplikasi Microsoft Treasure Tag ini bisa jadi solusinya.

Nokia-Treasure-Tag-WS-2-NFC

Di versi pertama, Treasure Tag masih memakai merek Nokia yang dijual dengan harga US$30. Baterainya memakai baterai model koin yang biasa digunakan di jam tangan, dapat bertahan hingga 6 bulan. Warnanya sendiri beragam, mulai kuning, hitam, hingga putih.