ArenaLTE.com – Aplikasi dengan kemampuan menerjemahkan bahasa dari teks itu pasti sudah biasa, tapi kalau ada aplikasi bisa menerjemahkan bahasa dari sebuah gambar, nah itu baru luar biasa. Setelah Google Translate memang telah memulainya tahun lalu untuk segmen terbatas di India, tapi toh update-nya dirasa lelet. Lantas kabar terbaru muncul dari kubu Microsoft, entah karena latar rivalitas yang kental, sejak akhir tahun lalu Microsoft merilis yang namanya aplikasi Microsoft Translator.

Seolah mengekor Google, Microsoft Translator kemudian juga di booster untuk pengguna Android dan iOS, plus juga hadir dukungan offline translate. Berita terbaru yang dikutip dari Ubergizmo.com (20/4/2016) menyebut Microsoft Translator untuk Android malah punya kebisaan melakukan penerjemahan bahasa dari sebuah gambar. Cara kerjanya disebut-sebut tak beda dengan si Google Translator, yakni mengandalkan tambahan update fitur OCR (optical character recognition). Sebelum menggunakan, kamera pada smartphone harus diarahkan ke bidang teks pada obyek foto.

Seberapa cepat akselerasi terjemahan, berpulang pada kekuatan database aplikasi dan tentunya koneksi internet. Fitur baru di Microsoft Translator ini sudah dapat dinikmati di layanan 21 bahasa berbeda, aplikasi akan secara otomatis mengenali bahasa yang terekam di teks setelah proses pemindaian rampung. Agar bisa menikmati fitur ini secara maksimal, pihak Microsoft menyarankan untuk menggunakan Android 6.0 Marshmallow atau versi lain yang lebih tinggi.