ArenaLTE.com – Microsoft Research rencananya akan merilis aplikasi kamera Microsoft Pix untuk perangkat iOS. Microsoft Pix merupakan aplikasi kamera cerdas untuk menemukan versi terbaik dari foto pengguna secara otomatis dan meningkatkan kualitas gambarnya. Saat pengguna menekan tombol kamera, aplikasi tersebut mengambil beberapa gambar sebelum dan setelah tombol dipencet  untuk mendapatkan foto terbaik.

Biasanya, sebuah aplikasi kamera dapat memungkinkan untuk mengambil gambar secara sederhana dan langsung kepada objek yang dibidik. Selain itu, penggunanaya juga bisa memiliki fitur tambahan lainnya seperti HDR, filter, timer, dan lainnya. Sedangakan Microsoft Pix memiliki kemampuan untuk menangkap momen terbaik berkat julukannya sebagai intelligent camera. Cara kerjanya ialah aplikasi akan melakukan burst mode (memotret secara terus menerus) sehingga memotret banyak adegan.

Dengan begitu, penggunanaya, bisa memilih foto mana yang menurutnya terbaik untuk dijadikan kenangan-kenangan. Selain itu terdapat pula fitur Automatic Live Image yang mampu mendeteksi setiap gerakan saat aplikasi diaktifkan. Dari sana, aplikasi akan menciptakan tampilan layaknya video. Jika terdeteksi gerakan yang menarik dalam foto, aplikasi secara otomatis akan menjadikannya sebagai video layaknya Live Photo milik Apple. Perbedaannya, Live Photo selalu mengambil video saat tombol kamera ditekan, sementara Microsoft Pix merekam video ketika mendeteksi gerakan menarik sehingga tidak menghabiskan banyak memori.

Di Microsoft Pix menyebutkan bahwa ISO dan keterpaparan (exsposure) diatur secara otomatis setelah aplikasi terbuka, dan wajah akan menjadi fokus dengan pengaturan yang telah dioptimalkan. Apple sendiri sebenarnya telah memiliki fitur serupa yakni Live Photos di iPhone 6S. Bedanya, Microsoft Pix akan mengeksekusi setiap momen disaat mendeteksi adanya gerakan. Dengan begitu dikatakan bahwa aplikasi tersebut akan menghemat ruang penyimpanan. Untuk saat ini aplikasi tersebut belum tersedia di toko aplikasi Apple dan direncanakan akan segera dirilis dalam waktu dekat.