ArenaLTE.com – Perkembangan teknologi kian hari memang semakin canggih, termasuk halnya dalam pengembangan teknologi robot. Sebuah perusahaan startup teknologi asal Korea Selatan, Naran, mengklaim bahwa telah berhasil kembangkan robot bluetooth dengan fungsi yang unik. Dibekali dengan nama ‘Microbot Push’ sang robot diungkapkan dapat menjadi perpanjangan jemari tuannya.

Microbot Push yang diklaim hadir dengan teknologi baru, dikombinasikan teknologi wireless dengan sisi konservatif untuk menjalankan perintah tuannya. Microbot Push diungkapkan dapat bekerja layaknya sebuah jari untuk menekan saklar, menghidupkan dan mematikan perangkat listrik seperti kipas angin, saklar lampu, TV maupun lainnya. Maka tak salah, si robot dikatakan sang pemiliki sebagai kepanjangan jemari penggendalinya

Dikutip dari BGR.com (5/11/2015), Microbot Push berjalan dengan transmisi dari sinyal Bluetooth. Sebagai unit pengendali berasal dari aplikasi di dalam smartphone. Untuk urusan jangkauan, bisa ditebak, Microbot Push ada di kisaran 10 meteran.

Tak sekedar sebagai robot penekan tombol atau saklar, Naran dengan aplikasinya membuat robot ini dapat bekerja dengan suatu alur otomatis. Semisal Anda dapat memprogram Microbot Push untuk menekan tombol remote AC (pendingin ruangan), menaikkan suhunya bila udara sudah mencapai ambang batas tertentu. Selain itu, Naran juga merancang kemampuan robot ini saat waktunya membuat kopi pada mesin espresso, serta juga dapat diperintah otomatis untuk menyakan lampu rumah bila Anda tiba di rumah.

Buat Anda yang ogah repot mondar mandir untuk memencet saklar di rumah, Microbot Push bisa jadi solusi yang menarik, terlebih implementasi perangkat ini begitu mudah, laksana plug and play. Sayangnya Microbot Push saat ini masih dalam tahap persiapan untuk dijajakan secara komersial. Lewat kampanye Indiegogo kabarnya robot penekan saklar ini akan diluncurkan pada 9 November mendatang.

Apa yang ditawarkan Naran terbilang sangat praktis, namun tetap terlihat futuristik. Keunikan Microbot Push ini dapat Anda lihat di video di bawa ini.

https://youtu.be/DFfeY7PUh5Q