ArenaLTE.com – Android memang kerap kali disebut sebagai ponsel yang banyak mengundang malware, bahkan baru-baru ini ditemukan sebuah virus yang bisa menghapus data smartphone dengan cepat. Sebuah perusahaan keamanan perangkat lunak Denmark, Heimdal, mengidentifikasi bahwa virus Mazar adalah virus baru yang memiliki sistem canggih.

Malware ini diungkapkan mampu bekerja dengan mengambil alih hak istimewa administrator sistem, sehingga bisa menghapus secara penuh data yang ada di dalamnya. Hal canggih yang bisa dilakukan virus baru ini adalah sistem kerjanya yang bekerja melalui teks dalam pesan singkat saja.

Seperti dilansir dari laman BBC, Mazar bekerja dengan mengirim pesan teks yang disisipkan link. Pengguna yang terkecoh, kemungkinan akan menginstall aplikasi dari link yang disebarkan tersebut dan banyak yang memperkirakan itu adalah sumber terpercaya.

Bukan hal mudah untuk mengidentifikasi tingkat ancaman dari virus ini, karena link yang tersebar merupakan saran untuk menginstal aplikasi Tor. Sebuah aplikasi penjelajah situs yang lebih aman, karena setiap pengguna tidak akan meninggalkan jejak pencarian situs namun bisa menjelajah lebih dalam dunia maya.

Heimdal menuturkan bahwa ada sekira 100 ribu perangkat Android di Denmark, telah terinfeksi malware ini. Namun sayangnya, perusahaan tidak mengungkapkan apakah ponsel yang tersebar di beberapa negara lainnya ikut terkena dampak.

Saran untuk pengguna

Perusahaan keamanan asal Denmark ini menjelaskan, pengguna bisa menghindari akan serangan malware Mazar. Cara tersebut bisa dilakukan dengan tidak mengaktifkan fitur keamanan, terutama izin penginstallan dari aplikasi luar. Fitur tersebut bisa diakses pengguna melalui menu pengaturan dalam perangkat.

Sebelumnya, perusahaan telah menguji hal tersebut pada perangkat Android yang masih dalam versi 4.4 KitKat. Malware telah berhasil menginfeksi perangkat, karena sistem keamanan yang baru tersebut hanya tersemat pada sistem Android 5.0 Lollipop.