ArenaLTE.com – Sukses dibisnis aplikasi tak membuat perusahaan sekaligus pengembang aplikasi media sosial, LINE, berhenti bergerak. Melalui sebuah pagelaran acara yang  bertajuk ‘LINE Conference Tokyo 2016’ perusahaan mengumumkan akan ikut berkecimpung menjadi perusahaan telekomunikasi. Dengan berbasis mobile virtual Networks (MVNO), perusahaan meyakini akan bisa memberikan layanan telekomunikasi dibawah nama LINE mobile.

Salah satu alasan kuat perusahaan ikut bermain di industri tersebut, adalah hasil riset data yang dikeluarkan Nikkei BP Consulting. Dalam laporannya menuliskan bahwa penetrasi smartphone di Jepang tetap pada 49,7% di tahun 2015, mengindikasikan bahwa lebih dari setengah populasi di Jepang masih belum menggunakan smartphone.

Menindaklanjuti data yang didapat tersebut, LINE memutuskan untuk mengembangkan infrastruktur mobile sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis MVNO yang hendak menghubungkan pengguna dengan pengguna lainnya, ataupun pengguna dengan konten.

line jinwoo

Seperti diketahui MVNO adalah penyelenggara layanan jasa telekomunikasi bergerak (seluler atau FWA) dalam bentuk suara dan data, dimana penyelenggara tersebut tidak memiliki izin atas spektrum frekuensi atau lisensi jaringan akses, tetapi dapat menyewa atau memakai spektrum frekuensi milik Mobile Network Operator (MNO) atau perusahaan telekomunikasi lain melalui suatu perjanjian bisnis.

Dalam penyeleranggaraannya nanti, LINE dikabarkan akan menghadirkan beragam fitur Mobile, diantaranya.

Komunikasi Tanpa Batas melalui LINE, Facebook, dan Twitter

LINE Mobile menggabungkan LINE, Facebook, Twitter, seluruh 5 aplikasi teratas di App Annie “2015 Monthly Active User Rangkings” *2 bagi pengguna iOS dan Android, serta menawarkan penggunaantanpa batas untuk fitur utama layanan tersebut secara gratis. Hal ini memungkinkan pengguna MVNO untuk melakukan komunikasi tanpa batas. LINE Mobile menawarkan penggunaan tanpa batas pada aktivitas browsing serta posting di Facebook dan Twitter, serta penggunaan fitur chat, Timeline, dan Free Calls dari LINE. *2 Source: App Annie 2015 Retrospective Report

Rencana Mewujudkan Jaringan yang Handal dan Harga yang Terjangkau

Dimulai dari 500 Yen per-Bulan LINE Mobile memanfaatkan jaringan seluler NTT DoCoMo untuk menghadirkan kestabilan dan harga yang terjangkau. Rencana ini hendak dimulai dengan biaya 500 Yen per bulan (belum termasuk pajak), untuk semua layanan tanpa batas yang ditawarkan LINE.

Berbagai Pilihan Add-on Tersedia untuk Menampung Kebutuhan Pengguna

Dengan munculnya beragam perangkat mobile yang canggih dan penggunaan data yang kian intensif seperti pada video dan musik, biaya untuk pembelian paket data akan menarik perhatian khusus bagi pengguna, khususnya kaum muda. LINE Mobile berupaya meringankan hal ini dengan tidak mengenakan biaya bagi pengguna untuk melakukan streaming musik dan segala konten populer lainnya. Selain itu, MVNO berencana menawarkan dukungan konsumen mereka melalui LINE Business Connect dan memberi imbalan “LINE Points” bagi pengguna yang hendak membayar tagihan telepon mereka. LINE akan mengumumkan informasi lebih lanjut ketika layanan mulai diberlakukan.