ArenaLTE.com – Per Agustus ini, pengguna ponsel LG, khususnya mereka yang senang membungkam suara sekeliling dengan earbud, bakal melompat kegirangan. Bagaimana tidak, LG baru saja mengumumkan ketersediaan layanan musik Hi-Fi (High-Fidelity). Layanan ini tersedia pada aplikasi LG SmartWorld yang telah tertanam di ponsel kelas premium LG.

Ya, hanya ponsel premium yang akan mendapatkan layanan baru tersebut, jadi Anda yang masih menggunakan ponsel low-end LG boleh menangis dipojokan kamar. Beberapa ponsel premium yang mendapat rollout layanan musik Hi-Fi tersebut adalah LG G4, LG G3, LG G2, dan G Flex 2.

“Layanan musik Hi-Fi merefleksikan komitmen kami menyediakan keuntungan tambahan bagi konsumen setia LG. Musik MP3 sangat sempurna bagi sebagian besar ponsel LG dengan kapasitas Hi-Fi,” ujar Chris Yie, vice president dan Head of Marketing Communications LG Mobile Communications, dikutip dari blog LG, Kamis (13/8/2015).

Semua lagu di layanan music Hi-Fi ini punya kualitas playback 64bit/192kHz yang bakal membuat pecinta musik nagih. Sebagai perbandingan, Musik yang banyak tersedia di pasaran seperti dari CD memiliki bitrate 16-bit/44,1 kHz bahkan lebih rendah, sementara musik yang disediakan LG di toko aplikasi SmartWorld akan memiliki kualitas 64-bit/192 kHz. Secara teori, musik tersebut akan lebih berkualitas. Pengguna layanan ini juga dapt mengunduh dua lagu gratis, lalu bisa bisa berlangganan per bulan.

Sebelum LG masuk dalam layanan musik Hi-Fi, berbagai perusahaan mulai menjejakan kaki pada bisnis musik digital, baik download maupun streaming, yang terbukti menguntungkan. Perusahaan pesan instan populer, Line mulai menguji streaming musik mandiri mereka di Thailand pada bulan Mei lalu, kini telah memperkenalkan layanan streaming penuh di Jepang.

Apple yang merupakan perusahaan pertama mempopulerkan layanan music digital dengan iTunes, melebarkan sayap mereka dengan memperkenalkan layanan music streaming mereka sendiri, Apple Music. Layanan ini pada dasarnya adalah kombinasi dari iTunes, Spotify, Pandora, dan unsur-unsur social media layaknya Tumblr dan Instagram

Layanan musik LG SmartWorld tersedia di 70 negara. LG tidak merincinya, hanya menyebutkan termasuk Amerika Serikat, Australia, Brasil, China, Perancis, Italia, Rusia dan Inggris. (bda)