ArenaLTE.com – Bagi yang kerap mengetik pesan di smartphone alias ber-chatting ria sembari berjalan, maka sebentar lagi aka nada larangan keras untuk aksi tersebut. Dengan latar penelitian bahwa mengetik sembari berjalan dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan, maka sejumlah aturan yang berujung sanksi pidana siap menjerat para pemakai smartphone.

Kedengarannya agak keras aturan diatas, tapi tenang setidaknya ini belum berlaku di Indonesia. Tapi memang beberapa negara telah membuat aturan dan tengah menunggu persetujuan untuk menjadikan berjalan sambil mengetik pesan sebagai salah satu tindakan ilegal dan akan dikenakan hukuman.

New Jersey di Amerika Serikat menjadi salah satu kota yang telah mengajukan hal ini menjadi sebuah ketentuan hukum. Jika proposal tersebut mendapat persetujuan, maka orang-orang yang tinggal di wilayah itu harus segera menyesuaikan untuk tidak mengetik pesan di smartphone sambil berjalan.

Ketentuan tersebut mungkin akan sulit bagi seseorang yang sudah kebiasaan mengetik pesan di smartphone sambil berjalan. Dalam ketentuan tersebut, pemerintah setempat mengenakan denda bagi mereka yang melanggar aturan, yakni US$ 50 atau sekitar Rp665 ribuan atau hukuman kurungan penjara selama 15 hari.

ilustrasi-smartphone-sambil
Ilustrasi mengetik pesan di smartphone (Foto: Bimo/ArenaLTE)

Menurut polisi, kebiasaan mengetik pesan di smartphone sambil berjalan baik itu SMS, chatting dan lainnya bisa mengganggu konsentrasi. Para pejalan kaki tidak melihat kemana mereka berjalan dan ini membuat mereka tidak waspada. Polisi di Negara Bagian Florida sudah mulai menerapkan aturan ini dan memberikan surat tilang kepada mereka yang dianggap pejalan yang membahayakan. Berbagai pamflet juga sudah disebar untuk menginformasikan aturan ini.

Anggota legislatif New Jersey, Pamela Lampitt merupakan pihak yang membuka wacana bahayanya mengetik pesan saat berjalan. Daia menyarankan, pejalan kaki yang tetap ingin melakukan komunikasi hendaknya dapat menggunakan berbagai perangkat seperti hands-free. Bahkan di Belgia telah menyediakan jalur berjalan sambil mengetik pesan pada pertengahan tahun lalu. Sementara itu, di Nevada telah terjadi perdebatan panjang dalam membuat aturan tersebut selama tiga tahun.

Pada dasarnya, aturan ini keluar setelah dari hasil sebuah penelitian menunjukkan, mengetik pesan sambil berjalan berbahaya dan kemungkinan akan menyebabkan terjadinya kecelakaan.